ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MRP PADA ISAHA KERAJINAN VARIASI TAS BAPAK HARYADI DI PATANGPULUHAN YOGYAKARTA. THE ANALYZE OF CONTROL SYSTEK ON MATERIAL FOR PRODUCING STOCK WITH MRP METHODS ON BAG VARIATION CRAFT COMPANY " HARYADI" IN PATANGPLUHAN RESIDENCE YOGYAKA

MUHAMMAD HOESNY (2008) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MRP PADA ISAHA KERAJINAN VARIASI TAS BAPAK HARYADI DI PATANGPULUHAN YOGYAKARTA. THE ANALYZE OF CONTROL SYSTEK ON MATERIAL FOR PRODUCING STOCK WITH MRP METHODS ON BAG VARIATION CRAFT COMPANY " HARYADI" IN PATANGPLUHAN RESIDENCE YOGYAKA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Salah satu faktor kunci dalam menjamin kelancaran proses produksi pada suatu perusahaan adalah ketersediaan bahan baku yang tepat waktu, jumlah, bahan dan harga. Jika terjadi kekurangan persediaan bahan baku akan mengakibatkan terganggunya kelancaran proses produksi dan sebaliknya jika terjadi kelebihan bahan baku dapat dikatakan sebagai bentuk pemborosan. MRP (Material Requirement Planning) adalah suatu sistem perencanaan dan pengendalian terkomputerisasi pada proses manufaktur yang dirancang secara khusus untuk situasi permintaan yang bergelombang yang secara tipikal permintaan tersebut dependent (tergantung pada komponen bahan baku untuk menghasilkan produk jadi). Sehingga dapat menjamin kelancaran proses produksi melalui persediaan bahan baku yang sesuai dengan penerimaan pesanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan metode MRP pada perusahaan Variasi Tas Milik Bapak Hariyadi di Patangpuluhan, Yogyakarta dalam sistem pengendalian persediaan bahan baku baik secara jumlah maupun waktu sehingga dapat menjamin kelancaran proses produksi sesuai dengan pesanan yang diterima. Metode penelitian yang digunakan adalah MRP LFL dengan Lead Time 1 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran perusahaan untuk biaya simpan hanya berasal dari komponen biaya listrik sebesar Rp 50.000,-. Sedangkan biaya lokasi penyimpanan diasumsikan tidak ada karena penyimpanan bahan baku tidak luas. Sehingga biaya yang dihasilkan oleh Perusahaan Variasi Tas Bapak Hariyadi Patangpuluhan, Yogyakarta dari pengadaan bahan baku pada bulan September 2008 adalah sebesar Rp 192.500,-.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:03
Last Modified: 21 Jul 2022 04:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item
View Item