EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN BUKU TEKS DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Vicky Adetia Wulandari (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN BUKU TEKS DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Vicky Adetia Wulandari, 2020. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penggunaan Buku Teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, proses pembelajaran di kelas tentunya tidak hanya melibatkan guru dan muridnya saja, tetapi harus ada perantara yang digunakan yaitu bahan ajar. Buku merupakan salah satu bahan ajar dan sumber belajar yang tidak dapat dilepaskan dalam sebuah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, tahap-tahap, dan hasil analisis efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan penggunaan buku teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Qualitative Research. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling Purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan Angket. Untuk mempermudah dalam memperoleh hasil penelitian, peneliti akan menggunakan teknik triangulasi, sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa arab dengan penggunaan buku teks di kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah efektif. Hal ini bisa dilihat dari peranan guru mempengaruhi kualitas belajar peserta didik, guru mampu menggunakan buku teks dengan baik dan membuat suasana kelas menjadi efektif dari metode pengajarannya dan peserta didik begitu konsentrasi dan antusias selama pembelajaran di kelas. Guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari tahu kosa kata yang sulit. Keefektifan penggunaan buku teks ini juga dapat dilihat dari hasil evaluasi mereka. nilai rata-rata Pre-test pada kelas X MIPA 2 dengan jumlah siswa 29 adalah 66,8, dan nilai rata-rata post-test adalah 87. Sedangkan nilai rata-rata Pre- test pada kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 30 adalah 62, dan nilai rata-rata post-test adalah 82,4. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan penggunaan buku teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sangat efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:58
Last Modified: 28 Oct 2021 06:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item
View Item