PENGARUH PELATIHAN MENYIKAT GIGI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK MENYIKAT GIGI PADA ANAK RETARDASI MENTAL

RATNA TERAROSALIA R.A (2013) PENGARUH PELATIHAN MENYIKAT GIGI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK MENYIKAT GIGI PADA ANAK RETARDASI MENTAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Latar Belakang :Anak retardasi mental mengalami disfungsi otak sehinggga memiliki IQ dibawah normal. Semakin rendah IQ, maka perkembangan motorik akan semakin lambat, hal ini mengakibatkan keterbatasan dalam melakukan gerakan yang membutuhkan keterampilan. Seperti kegiatan menyikat gigi yang membutuhkan keterampilan khusus dan setiap keterampilan membutuhkan latihan.Anak retardasi mental harus diberikan pelatihan khusus yang bertahap dan berulang untuk dapat menyikat gigi dengan benar.

Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat mengkaji pengaruh pelatihan menyikat gigi terhadap keterampilan motorik anak retardasi mental.

Metodologi :Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment yaitu suatu penelitian yang tidak menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding. Desain penelitian Quasi Experiment yang digunakan adalah One-Group Time-Series Design, yaitu suatu perlakuan yang dilakukan beberapa seri pada subyek penelitian yang sama.Penelitian dilakukan di SLB-C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta dengan subyek penelitian terdiri dari 43 anak retardasi mental. Teknik pengumpulan data dengan cara pengisian checklist tahapan menyikat gigi. Uji statistik yang digunakan menggunkan uji paired samples t-test.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pelatihan menyikat gigi terhadap keterampilan motorik menyikat gigi pada anak retardasi mental di SLB-C Dharma Rena Ring Putra II yaitu terlihat bahwa nilai signifikansi pretest dan posttest adalah 0.000 sehingga p<0.05.

Kesimpulan :Terdapat pengaruh yang signifikan pada pelatihan menyikat gigi terhadap keterampilan motorik menyikat gigi pada anak retardasi mental di SLB-C Dharma Rena Ring Putra II. Keterampilan motorik menyikat gigi anak retardasi mental setelah dilakukan pelatihan menyikat gigi memiliki kriteria baik pada 9 anak yang sebelumnya memiliki kriteria sedang.

Kata kunci : pelatihan menyikat gigi, keterampilan motorik menyikat gigi, anak retardasi mental.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN MENYIKAT GIGI, KETRAMPILAN MOTORIK MENYKAT GIGI, ANAK RETARDASI MENTAL
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 01:25
Last Modified: 25 Jun 2022 01:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13777

Actions (login required)

View Item
View Item