GERRY FITRA SOERYA GANDHARA (2009) KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI PENUMPANG TRANS JOGJA TERHADAP JALUR 3A DAN 3B. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (173kB)
Abstract.pdf
Download (47kB)
Bab I.pdf
Download (93kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
Abstract
Kota Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan potensi wisata, budaya, pendidikan serta iklim perekonomian yang cukup baik. Pengguna kendaraan pribadi pun bertambah siring dengan berjalannya waktu karena angkutan umum yang telah
ada tidak memberikan kenyamanan terhadap penumpang. Saat ini telah tersedia bus Trans Jogja yang merupakan sarana angkutan massal sesuai dengan keinginan masyarakat, yakni aman, nyaman dan tepat waktu. Oleh karena itu, dengan hadirnya Trans Jogja ini bisa membuat para pengguna kendaraan pribadi mau untuk beralih moda, sehingga jumlah pengendara kendaraan pribadi di kota Yogyakarta akan
berkurang. Dalam penelitian ini bertujuan untut mengetahui profesi penumpang Trans Jogja, mengetahui halte asal dan halte tujuan penumpang, mengetahui jumlah penumpang yang beralih moda, mengetahui jenis kendaraan yang dipakai sebelum beralih moda, mengetahui profesi penumpang yang beralih, mengetahui alasan penumpang beralih moda, mengetahui waktu yang ditempuh penumpang dan mengetahui kepuasan penumpang terhadap pelayanan dan pelayanan Trans Jogja.
Bus Trans Jogja saat ini memiliki 6 jalur operasional yakni jalur 1A, IB, 24, 2B, 3A dan 3B. Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan pada jalur 3A dan 3B, tepatnya di halte Malioboro 1 (Hotel Inna Garuda), Malioboro 2 (Pusat Info Turis),
Malioboro 3 (Benteng Vredeburg), Terminal Condongcatur, Kopma UGM, K. H Ahmad Dahlan, Bandara Adi Sucipto dan Jokteng Kulon (SDN Percobaan I). Survey dilakukan dari jam 14.00-16.30 pada tanggal 13 Juli-15 Juli 2009 dan 20 Juli 2009. Cara pelaksanaan survey yaitu Surveyor menunjukkan surat ijin penelitian kepada petugas yang bertugas di halte, setelah mendapat ijin kemudian Surveyor melakukan wawancara kepada penumpang yang ada di halte atau kepada penumpang yang sedang menunggu didalam halte. Penelitian dilakukan dengan cara metode wawancara.
Survey dilakukan pada 492 responden, profesi penumpang yang paling banyak menggunakan Trans Jogja jalur 3A dan 3B ialah Mahasiswa (31,7%). Halte asal yang paling banyak pada jalur 3A ialah halte Malioboro 2 dan untuk jalur 3B ialah halte Condongcatur, halte tujuan yang paling banyak pada jalur 3A ialah halte Condongcatur dan pada 3B ialah halte halte Bandara dan Janti. Penumpang yang beralih moda dari kendaraan pribadi ke Trans Jogja sebesar 43,%, kendaraan yang paling banyak dipakai sebelum beralih moda ialah motor (73,6%). Alasan terbesar penumpang beralih moda talah karena lebih irit. Waktu yang paling banyak ditempuh penumpang adalah antara 31-60 menit, sedangkan 86,6% penumpang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SKRIPSI KARAKTERISTIK PENUMPANG ANGKUTAN UMUM TRANS JOGJA |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:11 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14195 |