HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HOME CARE DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2004

RUBIYANTO (2004) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HOME CARE DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2004. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan saat iai mengalami perubahan yang cepat. Pola penyakit berubah dari infeksius menjadi kronik. Populasi lansia mcningkat drastis. Biaya kcsehatan semakin mahal sedangkan kebutuhan pelayanan kesehatan mcningkat. Untuk itu pclayanan home care dapat dijadikan altematif dalam mengatasi masalah ini. Pelayanan home care merupalcan pengembangan konsep pclayanan rumah sakit tanpa dinding dimana lorong-lorong rumah sakit adalah jalan yang harus ditalui menuju rumah pasien. Gambaran kualitas pelayanan home care dapat diketahui dengan mengukur tingkat kepuasan para pengguna pelayanan tersebut. Pcrawat sebagai pelaksana dari pelayanan ini berperan penting dalam mcwujudkan lcualitas pelayanan home care yakni dengan mclalcsanakan proses keperasvatan sebagai metode dalam memberilcan asuhan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya scjauh mana hubungan antara pemberian asuhan kcperawatan dengan tingkat kepuasan pasien home care. Penelitian dilakukan di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta pada bulan Juli 2004. Metodologi penclitian yang digunakan adalah survci dengan pendekatan Cross Sectional yang datanya diambil langsung dari responden menggunakan kuesioner yang terdiri dari 46 item pertanyaan Annlina data penelninn ini menggunakan uji statistik korelasi Speamtan Rank. Hasil dari pcnelitian ini adalah pemberitut asuhan keperawatan dengan kategori baik (44,0 %), tingkat kepuasan pasien home care dengan kategori puas (52,0 %) dan terdapat hubungan yang positif bermakna dengan tingkat korelasi kuat antara pemberian asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien home care yang dibuktikan dcngan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.680 dan dengan signfikasi sebesar 0.000 yang berath lebih besar dari a : 0.05. Kesimpulan penclitian ini adalah pemberian asuhan keperawatan pada pasien home care di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah baik, tingkat kepuasan pasien home care di RSU PKU Muhanunadiyah Yogyakarta adalah puas dan terdapat hubungan antara pemberian asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasicn home care di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPERAWATAN , PASIEN HOME CARE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:34
Last Modified: 09 Jun 2022 07:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item
View Item