HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN PADA WANITA DALAM MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI DESA KOTESAN, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN 2004

NELISVIDA PUSPITA DEWI (2004) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN PADA WANITA DALAM MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI DESA KOTESAN, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN 2004. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Kecemasan merupakan gejala pstkologi yang secara norrna1 dialami oleh manusia terutama wanita dalam menghadapi masa menopause. Apabila pengendalian diri pada masa ini tidak bisa diatasi maka akan mudah terjadi gangguan kepribadian (psikologik) yang lebih berat sarnpai terjadinya gangguan kejiwaan (psikiatrik) dan memexlukan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang menopause yang mcnjadi variabel bebasnya dengan kecemasan pada wanita dalam menghadapi masa menopause yang menjadi variabel terikatnya. Jenis penelitian dengan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah wanita yang telah mengalami menopause yang berada di Desa Kotesan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jumlah sampel yang diambil ada 35 orang, sampel diambil dengan teknlic purposive sampling yaitu mengambil sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan peneliti. Pengukuran data tentang kecemasan wanita dalam mengbadapi masa menopause menggunakan kuesioner dengan pemyaraan yang dijawab "ya" dan "tidak". Untuk mengukur pengetahuan tentang menopause juga menggunalcan kuesioner, untuk mengetahui ada hubungan antara pengetahuan tentang menopause dengan kecemasan pada wanita dalam menghadapi masa menopause menggunakan uji statistik Chl Square, hasil penclitian menyatakan bahwa ada hubuitgan yang bermakna antara pengetahuan tentang menopause dengan keeemasan pada wanita dalam menghadapi masa menopause dengan hasil Chi Square sebesar 10,319 dengan harga p sebesar 0,006, pada taraf signifrkansi 5% yaitu semakin cukup baik pengetahuan maka sema/cin berada pada kondisi cemas. Bagi profesi keperawatan khususnya perawat di komunitas untuk meningkatkan pemberian pcndidikan kesehatan yang terpadu dan paripuma tidak hanya berpusat pada wanita reproduksi aktif, di usia 20-35 tahun saja, tetapi yang lebih penting pada wanita yang telah mengalami menopausc sehingga mutu kehidupan dan kesehathn wanita tersebut mcningkat yang akan dapat memperpanjang usia dan terhindar dari kecemasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MENOPAUSE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:34
Last Modified: 09 Jun 2022 07:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17789

Actions (login required)

View Item
View Item