FIRDHA SILVIA PRABEKTI (2015) GAMBARAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK USIA 4 SAMPAI 6 TAHUN DI TK ISLAM DAN TK UMUM KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (229kB)
INTISARI.pdf
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (233kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
Abstract
Latar Belakang : Berdasarkan hasil penelitian dari National Institute of Mental Health, secara jelas menunjukan bahwa ibu yang menerapkan disiplin dan sistem hukuman yang berlebihan dan tidak mau berusaha komunikasi, memberikan penjelasan, pengertian dan menerapkan peraturan-peraturan yang konsistendan yang secara keterlaluan memarahi anak-anak mereka ataupun menunjukan kekecewaan mereka terhadap si anak cenderung menghalangi perkembangan personal sosial. Tujuan : Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran perkembangan personal-sosial dan perkembangan bahasa pada anak umur 4-6 tahun di TK Islam dan TK Umurn. Metode : Jenis desain penelttian survey deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena yang terjadi di dalam masyarakat. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian anak sudah mampu melakukan tugas perkembangan personal sosial dan bahasa dengan baik. Kelompok usia 48 bulan >60% sudah mampu melakukan tugas perkembangan personal sosial dan bahasa >50%, kelompok usia 54 bulan perkembangaan personal sosial >70% tercapai dan bahasa >75%, kelompok 60 bulan >75% anak sudah melakukan tugas perkembangan personal sosial dan bahasa >85%, kelompok 66 bulan >80% anak sudah melakukan tugas perkembangan personal sosial dan >90% anak sudah melakukkan tugas perkembangan bahasa, kelompok 72 bulan >95% anak sudah melakukan perkembangan personal sosial dan 100% anak sudah melakukan tugas perkembangan bahasa. Kesimpulan : Sebagian anak di TK Islam dan Umum di wilayah kecamatan Kasihan sudah dapat melakukan tugas perkembangan personal sosial dan bahas sesuai dengan KPSP, namun masih ditemukan anak masih belum dapat melakukan sesuai usianya, oleh karena itu TK dan orang tua dapat meningkatkan stimulus perkembangan anak personal sosial dan bahasa. Diharapkan kepada orang tua anak agar Iebih memantau dan mendampingi anak untuk pemberian stimulasi dan pengasahan pada aspek-aspek perkembangan personal sosial dan bahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | grow and develop, growth and development, social personal and language |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 04:31 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18294 |