PENGARUH PELATIHAN KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN KADER SEKOLAH DALAM PEMANTAUAN KESEHATAN SISWA MELALUI KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH

ANGGA SATRIA (2015) PENGARUH PELATIHAN KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN KADER SEKOLAH DALAM PEMANTAUAN KESEHATAN SISWA MELALUI KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

KMS) anak sekolah yaitu suatu kartu atau alat penting yang digunakan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Kartu menuju sehat bisa digunakan sebagai sarana komunikasi yang dapat digunakan oleh petugas untuk menentukan penyuluhan, pendidikan, dan tindakan pelayanan kesehatan, dan gizi (Depkes RI, 2011).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan kartu menuju sehat anak sekolah terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan kader sekolah dalam pemantauan kesehatan siswa melalui kartu menuju sehat anak sekolah di SD wilayah Puskesmas Kasihan 1 Bantul Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah desain “pra eksperimental” dengan rancangan The Group Pre-test and Post-test Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sample 30 responden di SD wilayah Puskesmas Kasihan 1 Bantul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kartu menuju sehat anak sekolah dapat meningkatan pengetahuan kader sekolah dalam pemantauan kesehatan siswa – siswi melalui kartu menuju sehat anak sekolah dengan P value 0,004 (< 0,05). Sedangkan pada pengaruh pelatihan kartu menuju sehat anak sekolah dapat meningkatan sikap kader sekolah dalam pemantauan kesehatan siswa – siswi melalui kartu menuju sehat anak sekolah dengan P value 0,000 (< 0,05) dan pada pelatihan kartu menuju sehat anak sekolah tidak dapat meningkatan keterampilan kader sekolah dalam pemantauan kesehatan siswa – siswi melalui kartu menuju sehat anak sekolah dengan P value 0,120 ( < 0,05). Hasil penelitian ini diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut terkait KMS – AS di lingkungan sekolah, serta dapat menjadi masukan agar dapat mengaplikasikan dalam praktik keperawatan komunitas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *337 PENGETAHUAN, SIKAP, KETRAMPILAN KADER, KMS-AS,
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:11
Last Modified: 08 Jun 2022 02:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item
View Item