ANALISIS UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI KAMAR OPERASI RS AMAL SEHAT WONOGIRI DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

ROSYID RIDLO (2015) ANALISIS UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI KAMAR OPERASI RS AMAL SEHAT WONOGIRI DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Pelayanan medis kamar operasi Rumah Sakit Amal Sehat perlu ditingkatkan untuk meningkatkan jumlah cakupan pelayanan dan kepuasan pelanggan di kamar operasi. Peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan melalui analisis QFD dengan menerjamahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dihasilkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan eksternal dan internal terhadap mutu pelayanan kamar operasi, serta upaya rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan medis di kamar operasi sehingga memenuhi harapan pasien.
Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan internal dan eksternal kamar operasi RS Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. Sampel diambil dengan consecutive sampling sejumlah 60 pelanggan eksternal dan 30 pelanggan internal. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan FGD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan QFD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan pelanggan eksternal terhadap mutu pelayanan kamar operasi adalah: memiliki alat-alat medis yang lengkap, pelaksanaan operasi sesuai jadwal (tepat waktu), petugas menanyakan keluhan pasien, perilaku petugas menimbulkan rasa aman bagi pasien, dan petugas meluangkan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan pasien. Kebutuhan pelanggan internal adalah : memiliki alat-alat medis yang lengkap, manajemen OK yang baik, petugas memberikan informasi yang lengkap kepada pasien dan keluarga, ruangan yang nyaman, aman dan steril, dan perhatian dan kepedulian manajemen terhadap SDM cukup baik. Usaha yang harus dilakukan Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri untuk meningkatkan mutu pelayanan medis di kamar operasi sehingga memenuhi harapan pasien, berdasarkan prioritasnya adalah : pelatihan Excellent Customer Service dan Patient Centre Care untuk Petugas kamar operasi, penerapan dan evaluasi SPO pelayanan kamar operasi yang ada, dan pelaksanaan supervisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MUTU, PELAYANAN, QUALITY, FUNCTION, DEPLOYMENT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 02:17
Last Modified: 24 May 2022 02:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item
View Item