MUHAMMAD JUANDA (2007) ANALISIA MANFAAT PEMBIAYAAN PEMELIHARAAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN LOLO PIR KUARO DAN RUAS JALAN KUARO-JANGKAR KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (181kB)
Abstract.pdf
Download (40kB)
Bab I.pdf
Download (109kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20kB)
Abstract
Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting bagi
penunjang sarana angkutan darat, maka sesuai dengan fungsinya kondisi jalan
sangat mempengaruhi kelancaran hubungan antara satu wilayah ke wilayah lain.
Kondisi jalan yang kurang baik/rusak dapat mengakibatkan suatu wilayah menjadi
terisolir dan perkembangannya tertinggal dari daerah lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengambil kebijakan apakah jalan tersebut
dapat dibangun atau tidak, dengan anggapan bila Nilai Manfaat Ekonomis lebih
besar dari biaya pembuatan jalan tersebut maka pembangunan jalan dapat
dilaksanakan, atau sebaliknya bila Nilai Manfaat Ekonomis lebih kecil rnaka jalan
tersebut dapat ditunda pelaksanaannya atau tidak dibangun sama sekali,
tergantung pada ketersedirum dana dan kcbijakan pemerintah.
Dalam analisis data penulis mengambil data primer; data lokasi kecamatan
dan desa, nama dan ruas jalan, titik awal dan ujung jalan, jenis tipe pennukaan
dan kerusakan, volume kerusakan dan LHR Dilakukan rekapitulasi data ;
persentase tipe kerusakan ruas jalan, kelasifikasi kerusakan : ringan, sedang, rusak
berat, estimasi biaya pemulihan kondisi, maka didapat hasil data manfaat jalan
dari BOK pada kondisi jalan dipelihara dan sesudah dipelihara, status evaluasi
dengan kriteria investasi Ekonomi Net Present Value (NPV) sehingga penanganan
dapat dikatakan layak atau tidak untuk dilaksanakan, diperoleh usulan penanganan
pemeliharaan dan urutan prioritas penanganan masing-masing nias jalan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa yang mempengaruhi BOK adalah
jarak tempuh dan kecepatan rata-rata, sedangkan kecepatan rata-rata dipengaruhi
oleh kondisi dan tipe lapisan permukaan jalan. BOK yang terkecil adalah
kecepatan rata-rata 60 km/jam dengan kondisi jalan bailc, tipe lapisan permukaan
aspal.Pada kecepatan rata-rata 60 lanfjam jalan beraspal kondisi baik mobil
penumpang. Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil penumpang 86
In/1000 km sedang jalan beraspal kondisi rusak, ker,epatan 20 lan/jam BBM
mobil penumpang 133 Itr/1000 km . Jadi bila harga Bensin saat ini Rp.5.000,- ada
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBIAYAAN |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 02:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 02:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19777 |