EVALUASI PENGARUH ON-STREET PARKING BUS AKDP TERHADAP KINERJA TERMINAL (STUDI KASUS TERMINAL JOMBOR D.I.YOGYAKARTA)

ANGGORO SETO (2006) EVALUASI PENGARUH ON-STREET PARKING BUS AKDP TERHADAP KINERJA TERMINAL (STUDI KASUS TERMINAL JOMBOR D.I.YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Terminal Jombor yang terletak di kecamatan Mlati, secara geografis mempunyai aksesbilitas yang tinggi baik untuk hubungan regional (antar kota) maupun lokal (dalam kota). Pencapaian yang mudah ini dikarenakan Terminal Jombor dilalui jalan Lingkar Utara (Ringroad) dan jalan Arteri Primer (Yogyakarta-Magelang) serta terletak di pinggir Jalan kolektor Jombor-Seyegan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh on-street parking terhadap time headway masuk keluar dan waktu tunggu kendaraan di dalam terminal, kapasitas Terminal mengenai jumlah kendaraan. Penelitian dilakukan dengan cara pencacahan dan identifikasi yang kemudian hasil penelitiannya dianalisa menggunakan acuan dari Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993 tentang klasifikasi terminal, penumpang dan Direktorat Jendaral Perhubungan Darat tahun 1994 mengenai standarisasi perencanaan kebutuhan fasilitas perpindahan angkutan umum di wilayah perkotaan. Dari hasil pencacahan, identifikasi, analisa dan pembahasan hasil penelitian terhadap Terminal Jombor seperti telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Time headway rata-rata (selang waktu antar kendaraan) masuk dan keluar akibat pengaruh on-street parking semakin kecil sebesar 0,80 menit dan 0,80 menit. Waktu tunggu rata-rata kendaraan di dalam Terminal akibat pengaruh on-street parking sebesar 6,98 menit. Jika perencanaan didasarkan Wir terbesar pada interval walcut maka didapat jumlah dan besaran luas parkir yaitu: Kapasitas ruang parkir kendaraan dengan nilai headway rata-rata dan Wtr terbesar pada interval waktu untuk kendaraan Bus AKDP akibat pengaruh on-street parking mempunyai Iuasan 405 m2, dibandingkan dengan luasan yang sudah ada sebesar 300 m2, maka luasan parkir yang ada, tidak memenuld.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ON-STREET PARKING BUS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:15
Last Modified: 29 Mar 2022 02:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item
View Item