PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA CERAMAH DAN FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU PREMENOPAUSE DI DUKUH KWENI DAN PELEMSEWU, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL

ANESTIANI DAMARJATI (2015) PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA CERAMAH DAN FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU PREMENOPAUSE DI DUKUH KWENI DAN PELEMSEWU, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Menopause adalah masa berhentinya haid seseorang wanita, biasanya terjadi pada usia 50 tahun. Dalam tahap menopause banyak perubahan yang terjadi pada seorang wanita, baik itu perubahan fisik maupun hormon seorang wanita. Dengan diberikannya pendidikan kesehatan terhadap ibu premenopause diharapkan pengetahuan ibu dapat meningkat untuk persiapan menghadapi masa menopause.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu premenopause dengan diberikannya pendidikan kesehatan melalui ceramah dan diskusi kelompok di Padukuhan Kweni dan Pelemsewu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, dengan rancangan penelitian pretest posttest with control group design. Populasi dalam penelitian adalah ibu premenopause yang termasuk kriteria inklusi. Tehnik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample 60 orang. Instrument untuk pengumpulan data berupa kuesioner tingkat pengetahuan. Penelitian dilakukan Bulan Maret-Agustus 2014.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan pendidikan menggunakan kedua pendidikan kesehatan yaitu ceramah dan diskusi kelompok diperoleh nilai signifikansi variable yang dihubungan adalah p=0,000 pada ceramah dan p=0,006 pada diskusi kelompok (

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *501 PENGETAHUAN, PENDIDIKAN KESEHATAN CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:52
Last Modified: 22 Feb 2022 02:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item
View Item