STRATEGI PUBLIC RELATIONS JAVA MEDIA-TOURISM CRISIS CENTER (JM-TCC) DALAM RANGKA MEMULIHKAN PARIWISATA YOGYAKARTA PASCA GEMPA BUMI

NUH AJI (2008) STRATEGI PUBLIC RELATIONS JAVA MEDIA-TOURISM CRISIS CENTER (JM-TCC) DALAM RANGKA MEMULIHKAN PARIWISATA YOGYAKARTA PASCA GEMPA BUMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisis tentang strategi public relations JM -TCC dalam rangka mcmulihkan pariwisata Yogyakarta pasca gempa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis, atau membuat prediksi atau lebih dikenal dengan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana JM -TCC dengan strategi public relations-nya. Sebagai organisasi sosial berdiri tepatnya pada tanggal 28 Oktober yang di dasari atas keprihatinan dampak bencana secara keseluruhan dan khususnya dampak bencana terhadap sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi dacrah. JM- TCC sendiri merupakan pusat informasi dan koordinasi terkait gempa di Yogyakarta, tentu JM- ICC telah dihadapkan pada bagaimana mernperoleh tanggapan yang positif dari publik. Dalam keadaan pasca gempa di 'Yogyakarta diperlukan suatu strategi untuk mendapatkan atau mengembalikan citra Yogyakarta sebagai tujuan wisata. Kerangka Teori dalam penelitian ini melihat strategi public relations sebagai proses untuk menyampaikan dan menunjukkan bahwa Yogyakarta aman untuk dikunjungi. Untuk menguatkan strategi public relationsn-nya, segmen pasar yang di sasar sangat beragam yaitu balk dalam negeri maupun mancanegara Segmentasi ini berkaitan dalam penentuan public relations JM -TCC yang akan memberikan informasi atau data yang dimuat di media elektronik dan cetak nasional maupun intemasional mengenai kondisi pariwisata di Yogyakarta pasca gempa baik yang masih bisa dikunjungi maupun yang ditutup, serta sebagai nilai jual lebih untuk mendatangkan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Yogyakarta. Sampai saat ini, public relations yang dilaksanakan JM -TCC dirasa cukup berhasil. Hal ini dapat diketahui melalui respon yang cukup baik dari beberapa media intemasional seperti TTG Asia, TIMES -NY, dan VMC. sampai sekarang ini, wisatawan pun bertambah dan meningkat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PUBLIC RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:18
Last Modified: 17 Feb 2022 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item
View Item