NUH AJI (2008) STRATEGI PUBLIC RELATIONS JAVA MEDIA-TOURISM CRISIS CENTER (JM-TCC) DALAM RANGKA MEMULIHKAN PARIWISATA YOGYAKARTA PASCA GEMPA BUMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (193kB)
Abstract.pdf
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (33kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
Abstract
Penelitian ini berusaha menganalisis tentang strategi public relations JM -TCC dalam rangka mcmulihkan pariwisata Yogyakarta pasca gempa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis, atau membuat prediksi atau lebih dikenal dengan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana JM -TCC dengan strategi public relations-nya. Sebagai organisasi sosial berdiri tepatnya pada tanggal 28 Oktober yang di dasari atas keprihatinan dampak bencana secara keseluruhan dan khususnya dampak bencana terhadap sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi dacrah. JM- TCC sendiri merupakan pusat informasi dan koordinasi terkait gempa di Yogyakarta, tentu JM- ICC telah dihadapkan pada bagaimana mernperoleh tanggapan yang positif dari publik. Dalam keadaan pasca gempa di 'Yogyakarta diperlukan suatu strategi untuk mendapatkan atau mengembalikan citra Yogyakarta sebagai tujuan wisata. Kerangka Teori dalam penelitian ini melihat strategi public relations sebagai proses untuk menyampaikan dan menunjukkan bahwa Yogyakarta aman untuk dikunjungi. Untuk menguatkan strategi public relationsn-nya, segmen pasar yang di sasar sangat beragam yaitu balk dalam negeri maupun mancanegara Segmentasi ini berkaitan dalam penentuan public relations JM -TCC yang akan memberikan informasi atau data yang dimuat di media elektronik dan cetak nasional maupun intemasional mengenai kondisi pariwisata di Yogyakarta pasca gempa baik yang masih bisa dikunjungi maupun yang ditutup, serta sebagai nilai jual lebih untuk mendatangkan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Yogyakarta. Sampai saat ini, public relations yang dilaksanakan JM -TCC dirasa cukup berhasil. Hal ini dapat diketahui melalui respon yang cukup baik dari beberapa media intemasional seperti TTG Asia, TIMES -NY, dan VMC. sampai sekarang ini, wisatawan pun bertambah dan meningkat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PUBLIC RELATIONS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 06:18 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 06:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21325 |