TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SD KALI BARU 01 JAKARTA UTARA TERHADAP VIDEO COMPANY PROFILE PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK PADA ACARA KAMPANYE FIELD TRIP TO IPC (INDONESIAN PORT CORPORATION) “ AKU CINTA MARIT

M. ADNAN MAGHRIBI (2016) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SD KALI BARU 01 JAKARTA UTARA TERHADAP VIDEO COMPANY PROFILE PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK PADA ACARA KAMPANYE FIELD TRIP TO IPC (INDONESIAN PORT CORPORATION) “ AKU CINTA MARIT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

*5 Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar tingkat pemahaman anak-anak
SD Kali Baru 01 Jakarta Utara sebagai peserta field trip to IPC (Indoneisoan Port
Corporation) terhadap video company profile PT. Pelabuhan Tanjung Priok, berdasarkan latar
belakang PT. Pelabuhan Tanjung Priok mengkampanyekan terhadap anak-anak diusia
Sekolah Dasar untuk mencintai laut dengan menggunakan media video company profile
karena dipercaya menggunakan video ini sangat efektif untuk menyampaikan informasi
kepada penerima informasi, dengan dilihat dari segi tingkat pemahaman, Menurut Daryanto
(2008:106) diantaranya: pemahaman translation (menerjemahkan), Pemahaman
interpretation (menafsirkan), dan pemahaman ekstrapolasi.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan sampel anak-anak
Sekolah Dasar kelas V dan VI yang berjumlah 180 Siswa. Teknik penarikan sampel
menggunakan teknik sampel sensus (total sampling). Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan bentuk pertanyaan tertutup berjumlah 15 item. Analisa data
menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan tendensi sentral yang ditujukan
untuk mengukur mean, median, dan modus, setelah nilai skor pada tingkat pemahaman itu
diperoleh, dibagi menjadi tiga kelompok yaitu: rendah, sedang dan tinggi sebagai pengujian
hipotesa.
Hasil penelitian Tingkat pemahaman anak-anak SD Kali Baru 01 Jakarta Utara
terhadap video company profile PT. Pelabuhan Tanjung Priok didominasi oleh
menerjemahkan (Interpretation) kategori kemaritiman,. Masuk dalam kategori sedang
sebanyak 114 responden (63,33%) dari jumlah 180 siswa dan tingkat pemahaman
kemaritiman pada indikator mengetahui pelabuhan sebagai tempat kapal-kapal berlabuh,
tempat kegiatan ekspor dan impor, dan naik turunya penumpang, yaitu diperoleh skor 585,
hal ini menunjukkan tingkat pemahaman siswa cukup tersampaikan karena ada dorongan dari
pihak lain.
Kata kunci : Tingkat Pemahaman, Company Profile, Kampanye.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *5 TINGKAT PEMAHAMAN, COMPANY PROFILE, KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:16
Last Modified: 03 Feb 2022 02:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item
View Item