MUHAMAD IWAN ALKHASNI (2006) IMPERIALISME BUDAYA AMERIKA PADA IKLAN DI MEDIA MASSA (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN ROKOK MARLBORO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (147kB)
Abstract.pdf
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (741kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (122kB)
Abstract
lklan di media massa dengan berbagai bentuknya adalah sebuah proses konstruksi realitas, yang secara langsung atau tidak akan berfungsi mempengaruhi khalayak sasaranya. Visualisasi dalam iklan cenderung sudah terdistorsi oleh suatu ide atau gagasan tertentu, ide tersebut dapat berupa sebuah ideologi dari budaya tertentu yang diangkat menjadi sebuah point ide sebuah periklanan. Ide-ide tersebut direalisasikan dalam simbol-simbol yang mereprentasikan ideologi yang dimaksudkan. Dengan gencarnya ekspansi ideologi dalam iklan yang diberfungsi secara laten dan ketika khalayak hanya taken for granted saja, akhirnya khalayak terperdaya oleh isi pecan tersebut, maka media iklan berhasil melakukan fungsinya. Dengan kata lain persepsi khalayak menjadi sejalan dengan ide yang ditawarkan dan mengamininya. Dengan pemahaman tesebut, penelitian ini berusaha untuk melihat bagaimana simbol-simbol budaya dikonstrusikan dalam sebuah iklan. Untuk melihat bagaimana simbol budaya tersebut dikonstruksikan dalam sebuah iklan, penulis menitik beratkan pada elemen-elemen yang menjadi sebuah kesatuan pendukung dalam sebuah iklan yaitu: angle !camera, teks periklanan, dan juga konteks budaya dibelakangnya. lklan yang diteliti adalah lklan Marlboro yang ide gagasan utamanya budaya koboi Amerika. Dimana visualisasi simbolnya mereprenstasikan mitos-mitos keberanian, kegigihan dan maskulinitas koboi Amerika. Dalam Penelitian ini penulis mengunakan metode semiotik. Dimana simbol-simbol difahami sebagai sebuah tanda yang memiliki makna tertentu. Berdasarkan analisis dari iklan Marlboro ditemukan penilaian bahwa kekuatan media mengkonstruksi simbol-simbol budaya koboi Amerika yang disuperioritaskan dalam iklan Marlboro. Iklan Marlboro merepresentasikan dan mengkonstruksi makna-makna tertentu mengenai wacana budaya Amerika. Marlboro juga mengukuhkan Imperialisme budaya melalui wacana rasisme Amerika sebagai bangsa kulit putih.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:30 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24137 |