KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

FITROH RESMI HANUM (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

*26 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar, serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis fenomenologis. Subjek penelitiannya adalah 6 guru ISMUBA dan 12 siswa kelas X dan XI yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis mengguanakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) kompetensi pedagogik guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar termasuk kategori baik. Seluruh guru ISMUBA sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Namun variasi metode masih terpaku pada metode tertentu saja, seperti ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sedangkan metode pembelajaran yang lain jarang digunakan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar yakni dengan mempertimbangkan kondisi siswa, mudah digunakan oleh guru dan tidak merepotkan, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, pokok bahasan atau materi pelajaran, dan situasi serta kondisi. Sedangkan faktor-faktor dari aspek fasilitas diantaranya sumber belajar (fasilitas sekolah dan media pembelajaran), ketersediaan buku, dan kondisi media yang tersedia. (3) Hambatan-hambatan yang dialami guru ISMUBA dalam penggunaan metode pembelajaran dan sumber belajar diantaranya, kurang siapnya siswa dalam belajar, kondisi siswa yang tidak memungkinkan, kemampuan siswa yang berbeda-beda, dan siswa yang tidak membawa buku paket. Hambatan yang dialami siswa yaitu volume suara guru yang kurang terdengar keras dan sikap guru yang kurang memahami siswa. Hambatan pada fasilitas yakni sinyal WiFi yang tidak lancar dan kondisi media pembelajaran yang tidak mendukung.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru ISMUBA, Metode Pembelajaran, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *26 KOMPETENSI PEDAGOGIK, GURU ISMUBA, METODE PEMBELAJARAN, SUMBER BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:59
Last Modified: 02 Feb 2022 06:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24262

Actions (login required)

View Item
View Item