Nora Varoucka Utty (2020) THE IMPLEMENTATION OF EXTRACURRICULAR ACTIVITIES USED BY ISLAMIC MODERN BOARDING SCHOOL FOR GIRLS: ALUMNI PERSPECTIVE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (822kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Bab I.pdf
Download (95kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Menjadi seorang guru sangat mulia. Di sekolah, guru tidak hanya mengajar, tetapi mereka juga membina dan mengembangkan sekolah. Dalam mengembangkan sekolah, guru memilih kegiatan tambahan yang perlu diterapkan; salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler. Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler (ECA) baru-baru ini terbukti bermanfaat bagi siswa. Peningkatan partisipasi ini memiliki efek baik dan buruk pada siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan desain deskriptif yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang perspektif peserta. Dalam memilih peserta, peneliti menggunakan sampel non-probabilitas. Peneliti memilih empat alumni yang telah lulus pada tahun 2017. Pondok Modern Putri di Jawa Timur, Indonesia telah dipilih sebagai tempat penelitian. Selanjutnya, sistem wawancara dipilih sebagai instrumen dan wawancara terstruktur dipilih sebagai jenis wawancara. Peneliti menggunakan pertanyaan tidak langsung sebagai format pertanyaan. Hasil untuk pertanyaan penelitian pertama mengungkapkan bahwa terdapat enam aspek yang ditemukan dalam manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Yang pertama adalah bahwa kegiatan ekstrakurikuler mengembangkan keterampilan Bahasa Inggris. Diikuti oleh peningkatan keterampilan kognitif siswa, selanjutnya, kegiatan ekstrakurikuler meningkatkan perasaan kesehatan psikologis siswa, kemudian, kegiatan ekstrakurikuler meningkatkan Keterampilan Interpersonal, pengembangan diri siswa, dan yang terakhir, kegiatan ekstrakurikuler dapat menyatukan keragaman. Selain itu, ada tiga aspek yang peneliti temukan dalam kelemahan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Yang pertama adalah bahwa kegiatan ekstrakurikuler menggantikan kegiatan sekolah formal. Selanjutnya, kegiatan ekstrakurikuler mengurangi waktu belajar dan kinerja akademik. Yang terakhir, kegiatan ekstrakurikuler memberi banyak tekanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/252 |