FAJAR ARI SAPUTRA (2016) PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER PERSEPSIAN TERHADAP SIKAP KEPADA MEREK MELALUI SIKAP KEPADA IKLAN (STUDI KASUS IKLAN HONDA SONIC 150R VERSI AL GHAZALI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (325kB)
Halaman Judul.pdf
Download (204kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (1MB)
Abstract.pdf
Download (162kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (241kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (36kB)
Abstract
Periklanan merupakan bentuk promosi yang menampilkan
keunggulan produk dan biasanya ada orang terkenal yang menjadi
endorser agar produk tersebut lebih diminati oleh konsumen. Penggunaan
selebriti di dalam periklanan karena atribut popular yang dimiliki termasuk
kecantikan atau ketampanan, keberanian, bakat, dan daya tarik seksual
seringkali merupakan pemikat yang diinginkan untuk merek-merek yang
didukung.
Peneliti tertarik melakukan penelitian terhadap pengaruh
kredibilitas endorser persepsian Al Ghazali dalam iklan Honda Sonic 150R
terhadap sikap kepada merek melalui sikap kepada iklan. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas
endorser terhadap sikap kepada iklan dan merek atau produk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif,
teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran data yang
ada dalam kuesioner menggunakan skala semantic diferensial. Uji
validitas dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) software IBM SPSS
statistics for windows versi 19, dimana setiap item pertanyaan harus
mempunyai factor loading >0,50. Pengukuran reliabilitas menggunakan
teknik Cronbach Alpha, dan teknik analisis datanya menggunakan analisis
regresi linear sederhana dan regresi berganda.
Setelah dilakukan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa
kredibilitas endorser berpengaruh signifikan terhadap sikap kepada iklan,
sikap kepada iklan berpengaruh signifikan terhadap sikap kepada merek.
Kemudian sikap kepada iklan yang menjadi variabel intervening juga
memiliki pengaruh signifikan dan memediasi pengaruh kredibilitas
endorser persepsian terhadap sikap kepada iklan.
Saran yang dapat diberikan terkait dengan pengaruh kredibilitas
xv
endorser terhadap sikap konsumen adalah memperhatikan kredibilitas
yang dimiliki oleh seorang figure yang dijadikan endorser dalam
mengiklankan produk, dimana kredibilitas yang dimiliki dapat
mempengaruhi sikap masyarakat terhadap merek atau produk yang
diiklankan.
Kata kunci: kredibilitas endorser persepsian, sikap kepada iklan, sikap
kepada merek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REDIBILITAS ENDORSER PERSEPSIAN, SIKAP KEPADA IKLAN, SIKAP KEPADA MEREK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:51 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25274 |