PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKADEMI KESEHATAN KARYA HUSADA YOGYAKARTA

PRITTA YUNITASARI, S.KEP., NS. (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKADEMI KESEHATAN KARYA HUSADA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK
Latar Belakang : Motivasi belajar merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh seorang mahasiswa keperawatan karena ini berdampak langsung pada hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran team based learning merupakan strategi student center learning yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran team based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode ceramah.
Metode : Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen pre-test-post-test with control group. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakarta berjumlah 91 orang.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah mendapatkan intervensi, motivasi belajar kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 119,19 + 19,19 sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 100,36 + 23,26. Hasil belajar kelompok intervensi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 80,21 + 11,58, sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 60,46 +16,32.
Kesimpulan : Peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakata dalam penerapan metode pembelajaran team based learning lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran ceramah yang dilakukan dua kali intervensi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, METODE TEAM BASED LEARNING
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:05
Last Modified: 24 Jan 2022 02:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item
View Item