ARYA PRADANA (2016) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PASIEN ATAS KINERJA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (100kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (436kB)
Abstract.pdf
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (179kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (136kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (344kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (411kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
Abstract
Latar belakang: Pentingnya fungsi rumah sakit yang saat ini saat ini bukan lagi berfungsi sebagai lembaga sosial semata, tetapi merupakan lembaga bisnis yang patut diperhitungkan keberadaanya.. Perkembangan rumah sakit saat ini mengalami transformasi yang sangat besar, karena rumah sakit bukan lagi berfungsi sebagai lembaga sosial, tetapi merupakan lembaga bisnis. Layanan Rumah sakit yang beraneka ragam yang membuat terjadinya persaingan antar rumah sakit karena Semakin banyaknya pesainglembaga jasa pelayanan kesehatan. Citra dan profitabilitas rumah sakit adalah kunjungan pasien yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan menjadi salah satu indikator kepuasan pasien.
Tujuan Penelitian: Menganalisis pengaruh persepsi pasien atas kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta Menguji apakah keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (emphaty), Fisik (Tangibles) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan.
Metode: Pendekatan penelitian ini digunakan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatifTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tidak acak atau nonrandom samping/nonprobability sampling, Convenience Sampling dan Purposive Sampling.
Hasil dan Pembahasan: Responden dalam penilitian ini berjumlah 33 responden dengan 13 responden berjenis kelamin laki-laki dan 20 respoden berjenis kelamin perempuan. Dan mayoritas repsonden berusia antara 40-50 tahun, berpenghasilan 2.000.001-3.000.000, dan rata-rata pasien sudah berkunjung lebih dari 3 kali di RSUD Prambanan. Dari hasil analisis data, mendukung hipotesis pengaruh persepsi atas kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum daerah Prambanan.5
Kesimpulan : Dari hasil analisa dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini, dari analisis regresi hasilnya mendukung hipotesis bahwa ada pengaruh persepsi atas kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Prambanan. Secara parsial, dari 5 variabel independen ada satu variabel yang berpengaruh yaitu empati. Dengan makna empati yang telah diberikan oleh karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan sudah sangat baik dan mempengaruhi terhadap peningkatan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH PERSEPSI, KINERJA KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PASIEN |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 06:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 06:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25391 |