DWI TESNA ANDINI (2016) PENGGUNAAN INOVASI NILAI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA STRATEGI BLUE OCEAN (STUDI PADA MASKAPAI PENERBANGAN AIR ASIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (31kB)
Abstract.pdf
Download (251kB)
Bab I.pdf
Download (122kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (501kB)
Abstract
Fenomena potensi pertumbuhan bisnis transportasi udara di Indonesia
semakin marak diperbincangkan. Persaingan antar maskapai penerbangan terjadi.
Perusahaan industri penerbangan memiliki strategi untuk tetap bertahan di pasar,
salah satu strategi yang digunakan adalah menerapkan konsep Low Cost Carrier
(LCC). Air Asia adalah salah satu maskapai penerbangan yang sukses menerapkan
konsep LCC. Salah satu cara meningkatkan kemampuan perusahaan serta
menciptakan segmen pasar tersendiri adalah dengan memberikan inovasi nilai.
Inovasi nilai merupakan batu pijak dari strategi blue ocean. Tujuan utama dari
penelitian ini untuk menggunakan kerangka strategi blue ocean untuk menganalisis
bagaimana menggunakan inovasi nilai untuk menciptakan keunggulan kompetitif
pada maskapai penerbangan Air Asia.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini adalah semua pengguna maskapai penerbangan Air Asia dengan sampel
penelitian pengguna Air Asia, tour guide, event organizer, dan agen tiket. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan wawancara. Analisis data pada
metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sedangkan untuk metode
kualitatif menggunakan analisis SWOT dan analisis strategi blue ocean.
Hasil dari penelitian ini adalah variabel inovasi nilai (X) mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif (Y) pada maskapai
penerbangan Air Asia. Hasil untuk analisis SWOT, yaitu Air Asia tetap mampu
mempertahankan kesuksesannya, mengingat kekuatan yang dimiliki, seperti brand
image Air Asia sebagai pelopor maskapai penerbangan biaya rendah. Strategi yang
digunakan oleh Air Asia mampu menciptakan keunggulan kompetitif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INOVASI NILAI, KEUNGGULAN KOMPETITIF, ANALISIS SWOT, STRATEGI BLUE OCEAN |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2022 03:01 |
Last Modified: | 22 Jan 2022 03:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25436 |