ANALISIS EFISIENSI BONGKAR MUAT KONTAINER PADA PELAYANAN DERMAGA (STUDI KASUS DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2013)

MUHAMMAD FADIL (2016) ANALISIS EFISIENSI BONGKAR MUAT KONTAINER PADA PELAYANAN DERMAGA (STUDI KASUS DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (731kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh tentang perhitungan kinerja pelayanan pelabuhan untuk mendukung proses pengambilan keputusan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Objek dalam penelitian ini adalah sistem antrian pelayanan yang diterapkan dengan kedatangan kapal setiap hari, bulan dan tahun di suatu pelabuhan. Dengan menghitung tingkat penggunaan dermaga, rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian, rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem, kedatangan kapal dan jumlah total rata-rata orang yang dilayani persatuan waktu serta melakukan optimalisasi jumlah kapal yang beroperasi.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan dermaga pada kedatangan kapal dan pelayanan, jenis antrian yang digunakan pada Pangkalan II PT. Pelabuhan Cabang Tanjung Priok. dalam model antrian yang diterapkan menghasilkan tingkat penggunaan dermaga yang lebih besar dengan rata-rata waktu pelanggan dalam antrian sedikit.
Kata kunci: Operasi karakteristik, Model Antrian M/M/S/I/I, Tingkat penggunaan Dermaga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OPERASI KARAKTERISTIK, MODEL ANTRIAN M/M/S/I/I, TINGKAT PENGGUNAAN DERMAGA.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:43
Last Modified: 24 Jan 2022 07:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item
View Item