MUHAMMAD FADIL (2016) ANALISIS EFISIENSI BONGKAR MUAT KONTAINER PADA PELAYANAN DERMAGA (STUDI KASUS DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (731kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh tentang perhitungan kinerja pelayanan pelabuhan untuk mendukung proses pengambilan keputusan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Objek dalam penelitian ini adalah sistem antrian pelayanan yang diterapkan dengan kedatangan kapal setiap hari, bulan dan tahun di suatu pelabuhan. Dengan menghitung tingkat penggunaan dermaga, rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian, rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem, kedatangan kapal dan jumlah total rata-rata orang yang dilayani persatuan waktu serta melakukan optimalisasi jumlah kapal yang beroperasi.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan dermaga pada kedatangan kapal dan pelayanan, jenis antrian yang digunakan pada Pangkalan II PT. Pelabuhan Cabang Tanjung Priok. dalam model antrian yang diterapkan menghasilkan tingkat penggunaan dermaga yang lebih besar dengan rata-rata waktu pelanggan dalam antrian sedikit.
Kata kunci: Operasi karakteristik, Model Antrian M/M/S/I/I, Tingkat penggunaan Dermaga.
Dosen Pembimbing: | DR. ENDAH SAPTUTYNINGSIH, SE., MSI | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | OPERASI KARAKTERISTIK, MODEL ANTRIAN M/M/S/I/I, TINGKAT PENGGUNAAN DERMAGA. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 07:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |