RICO FITRIANTO (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME SOSIAL DALAM FILM TANDA TANYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (146kB)
Halaman Judul.pdf
Download (291kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (1MB)
Abstract.pdf
Download (114kB)
Bab I.pdf
Download (187kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (564kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (216kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul Nilai-nilai Pendidikan Pluralisme Sosial dalam Film Tanda Tanya, yang bertujuan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial dan Relevansinya dengan pendidikan Islam.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode dokumentasi (Documentary research) yaitu dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel ang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya yang berkaitan dengan pembahasan skripsi ini, serta didukung oleh objek penelitian yaitu film Tanda Tanya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi (Content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pokok nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial yang terkandung di dalam film Tanda Tanya dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Yaitu Ta’aruf (saling mengenal),Tafahum, (saling memahami), Ta’awun (saling menolong) Takaful (saling menanggung), Inklusif (terbuka) dan sifat saling menghormati antara satu agama dengan yang lainya. Relavansi terhadap pendidikan Islam memiliki nilai keimanan, berbaik sangka, inklusif, tolelansi, dialog, bijaksana Bahwasanya dengan perbedaan agama bukan menjadikan permusuhan akan tetapi dapat saling membantu dan tolong menolong sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang harmonis. Dan metode yang dapat diterapkan terhadap pendidikan Islam adalah metode dialog, metode tanya jawab dan metode ceramah.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada relevansi atau keterkaitan nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial dalam film Tanda Tanya dengan pendidikan Islam adalah. Suatu realitas yang harus diterima dengan positif, agar dapat menghadapi dan menyelesaikan konflik dengan cara kreatif dan menghindarkan diri dari cara kekerasan
Kata Kunci: Pluralisme, Pluralisme Sosial, Film Tanda Tanya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLURALISME, PLURALISME SOSIAL, FILM TANDA TANYA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:35 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25775 |