NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME SOSIAL DALAM FILM TANDA TANYA

RICO FITRIANTO (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME SOSIAL DALAM FILM TANDA TANYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Nilai-nilai Pendidikan Pluralisme Sosial dalam Film Tanda Tanya, yang bertujuan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial dan Relevansinya dengan pendidikan Islam.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode dokumentasi (Documentary research) yaitu dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel ang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya yang berkaitan dengan pembahasan skripsi ini, serta didukung oleh objek penelitian yaitu film Tanda Tanya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi (Content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pokok nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial yang terkandung di dalam film Tanda Tanya dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Yaitu Ta’aruf (saling mengenal),Tafahum, (saling memahami), Ta’awun (saling menolong) Takaful (saling menanggung), Inklusif (terbuka) dan sifat saling menghormati antara satu agama dengan yang lainya. Relavansi terhadap pendidikan Islam memiliki nilai keimanan, berbaik sangka, inklusif, tolelansi, dialog, bijaksana Bahwasanya dengan perbedaan agama bukan menjadikan permusuhan akan tetapi dapat saling membantu dan tolong menolong sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang harmonis. Dan metode yang dapat diterapkan terhadap pendidikan Islam adalah metode dialog, metode tanya jawab dan metode ceramah.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada relevansi atau keterkaitan nilai-nilai pendidikan Pluralisme Sosial dalam film Tanda Tanya dengan pendidikan Islam adalah. Suatu realitas yang harus diterima dengan positif, agar dapat menghadapi dan menyelesaikan konflik dengan cara kreatif dan menghindarkan diri dari cara kekerasan
Kata Kunci: Pluralisme, Pluralisme Sosial, Film Tanda Tanya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PLURALISME, PLURALISME SOSIAL, FILM TANDA TANYA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:35
Last Modified: 24 Jan 2022 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item
View Item