KHURRIYATIN (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN MADRASAH UNGGUL (RMU) PADA ASPEK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MIN TEMPEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (29kB)
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (304kB)
Abstract.pdf
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (217kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (977kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (202kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Madrasah Unggul (RMU) pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan di MIN Tempel, yang mencakup: (1) mengetahui pelaksanaanya dengan mengacu standar RMU, (2) mengidentifikasi faktor penunjang maupun penghambat pelaksanaannya, dan (3) mengetahui strategi dalam menghadapi faktor penghambat tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif expost facto dengan pendekatan Maxed Methods. Model yang digunakan dalam mengevaluasi, yaitu Goal Free Evaluation Model. Adapun subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Koordinator Kurikulum dan Guru MIN Tempel yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanakan program RMU pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan yang mengacu standar RMU secara keseluruhan sudah cukup baik. Namun, bila menelik tiap komponen standar RMU tersebut menunjukkan tingkat efektivitas yang berbeda-beda. (2) Faktor penunjangnya, yakni usia yang masih produktif, serta adanya kemauan dan kemampuan, walaupun masih minim. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terkait dengan waktu, kurangnya kemauan, lemahnya kesadaran diri, kurangnya kemampuan dan dana. (3) Strategi dalam menghadapi faktor penghambat tersebut dengan tetap selalu memberikan dorongan atau motivasi, baik secara kelompok maupun individu, baik secara lisan maupun perbuatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PROGRAM, RINTISAN MADRASAH UNGGUL (RMU), PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2022 01:52 |
Last Modified: | 22 Jan 2022 01:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25798 |