YUNI WIDIYANINGSIH (2016) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENELITIAN DI SMA NEGERI 2 PELEPAT ILIR MUARA BUNGO JAMBI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (49kB)
Halaman Judul.pdf
Download (846kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (219kB)
Abstract.pdf
Download (206kB)
Bab I.pdf
Download (173kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (216kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui terdapat pengaruh sumber belajar terhadap kompetensi pedagogik guru, (2) mengetahui terdapat pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru, (3) mengetahui terdapat pengaruh sumber belajar dan pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Model korelasional. Subyek penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 2 Pelepat Ilir yang berjumlah 20 guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas – reliabilitas dan uji hipotesis berupa uji t.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan sumber belajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 2 Pelepat Ilir secara parsial sebesar 61%, sedangkan sisanya (100 – 61= 39%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. (2) Ada pengaruh yang signifikan pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 2 Pelepat Ilir secara parsial sebesar 13%. sedangkan sisanya (100 – 13= 87%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dan pelatihan terhadap komptensi pedagogik guru di SMA Negeri 2 Pelepat Ilir secara simultan sebesar 55%, Sedangkan sisanya 55% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dengan demikian menunjukkan bahwa sumber belajar dan pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang besar terhadap kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dikaji dalam penelitian ini. dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 2 Pelepat Ilir.
Kata Kunci: sumber belajar, pelatihan, kompetensi pedagogik guru
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: SUMBER BELAJAR, PELATIHAN, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 07:28 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25843 |