HADI PRAYITNO (2009) KEPUASAN PASIEN TENTANG TINDAKAN PERAWATAN LUKA PASKA BEDAH OLEH PERAWAT DI BANGSAL BOUGENVIL DAN AIDELWIS BRSD RAA SOEWONDO PATI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (216kB)
Abstract.pdf
Download (40kB)
Bab I.pdf
Download (134kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (59kB)
Abstract
Perawatan luka merupakan tindakan untuk membersihkan luka, mengobati dan menutup kembali dengan prosedur pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dokumentasi untuk memulihkan luka dengan cepat. Apabila hal itu dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur tindakan perawatan, maka akan mempercepat penyembuhan. Kesembuhan luka dengan cepat merupakan hal yang menguntungkan bagi penderita untuk cepat pulang dan dapat melakukan aktifitas sehari-hari tanpa dibantu keluarga, juga bisa menekan biaya perawatan yang besar.
Untuk mengetahui kepuasan pasien, umumnya indikator yang sering digunakan sebagai obyektif adalah jumlah keluhan pasien atau keluarga, kritik dalam kolom surat pembaca, pengaduan mal praktek, laporan dari stap medik perawat. Kepuasan pasien merupakan lai subjektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu subjektifitas pasien dipengaruhi oleh pengalaman pasien dimasa lalu, pendidikan, situasi psikis saat itu, dan pengaruh lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Pasien Tentang Tindakan Perawatan Luka Paska Bedah Oleh Perawat di Bangsal Bougenvil dan Aidelwis BRSD RAA Soewondo Pati Jawa Tengah.
Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriftif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang mengisi kuesioner adalah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2009.
Hasil penelitian ini didapatkan ada 13.3% pasien merasa puas dan 86.7% pasien merasa sangat puas terhadap tindakan perawatan luka paska bedah oleh perawat di Bangsal Bougenvil dan Aidelwis BRSD RAA Soewondo Pati Jawa Tengah. Hasil tingkat kepuasan pasien menurut dimensi Tangiables (76.7%), Reliability (63.3%), Responsiveness (76.7%), Assurance (86.7%), dan Empathy (76.7%) dengan katagori sangat puas, dimana dimensi Assurance memiliki presentase tertinggi sebesar (86.7%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERAWATAN LUKA PASKA BEDAH |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 03:35 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25844 |