MUTIA AFIFATI (2016) EVALUASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (180kB)
Halaman Judul.pdf
Download (352kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (218kB)
Abstract.pdf
Download (150kB)
Bab I.pdf
Download (74kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (143kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Tamantirto dari segi context, input, process, dan product. Jenis penelitian ini adalah evaluatif ex post facto. Pendekatan dalam penelitian adalah pedekatan mixed method. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 yang berjumlah 71 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan cara, reduksi data, display data, menafsirkan data, verifikasi data, meningkatkan keabsahan hasil, serta menarasikan hasil analisis. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada aspek context evaluation, sekolah sudah tepat dalam menetapkan tujuan program pembelajaran Al-Qur’an karena adanya kesesuaian tujuan adanya program pembelajaran Al-Qur’an dengan kebutuhan siswa untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. (2) Pada aspek input evaluation, sekolah sudah cukup baik dalam melakukan persiapan pembelajaran Al-Qur’an karena adanya silabus pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, serta pembekalan pengajar. (3) Pada aspek process evaluation, proses pembelajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Tamantirto Unggulan masih kurang baik karena tidak adanya kesesuaian pelaksanaan program pembelajaran dengan jadwal yang telah ditetapkan, pengajar yang kurang mampu menangani kegiatan selama proses pembelajaran berlagsung, pemanfaatan sarana dan pra sarana pembelajaran yang kurang maksimal, serta evaluasi yang tidak terjadwal secara rutin. (4) Pada aspek product evaluation, sebagian besar nilai perilaku siswa tergolong kategori sangat baik, sedangkan untuk nilai akademik, sebagian besar siswa tergolong kategori baik.
Keywords : Evaluasi Program, Pembelajaran Al-Qur’an, Evaluasi Model CIPP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PROGRAM, PEMBELAJARAN AL-QUR’AN, EVALUASI MODEL CIPP. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 03:53 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 03:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25873 |