PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE IQRA DAN KARIMAH DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL KARIM COLOMADU KARANGANYAR SOLO

AZIZ FADLI (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE IQRA DAN KARIMAH DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL KARIM COLOMADU KARANGANYAR SOLO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpeg

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan membaca Al-Qur’ān siswa yang belajar menggunakan metode Iqra di SD Muhammadiyah Tamantirto, untuk mengetahui keberhasilan membaca Al-Qur’ān siswa yang menggunakan metode Karimah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Karim Colomadu Karanganyar Solo, untuk mengetahui tingkat efektivitas metode megajar Al-Qur’ān menggunakan metode Iqra di SD Muhammadiyah Tamantirto dengan metode Karimah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Karim Colomadu karanganyar Solo.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dan kualitatif interaktif dengan metode komparasi. Sedangkan metode wawancara sebagai pengumpulan data pendukung. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 30 responden, dari setiap sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa tidak ada perbedaan antara metode Iqra dan metode Karimah dalam belajar baca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Tamantirto dan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Karim Colomadu dengan nilai signifikansi 0,459 yang kurang dari 1,699.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectivity, Iqra Method, Karimah Method, Al-Qur'an Reading Skill
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:53
Last Modified: 28 Dec 2023 03:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25876

Actions (login required)

View Item
View Item