EVALUASI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

LU'LU' WIJDATUN NI'MAH (2016) EVALUASI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

*167 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap program internalisasi nilai-nilai karakter di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul ditinjau dari komponen context (konteks), input (masukan), process (proses) dan product (hasil).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-kuantitatif dengan desain penelitian evaluasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi Context (Konteks) menunjukkan bahwa, program internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran ISMUBA di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul ini sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya dukungan dari pihak sekolah maupun orang tua peserta didik. Hambatan yang ada adalah masih banyak orang tua yang cenderung menyerahkan sepenuhnya akan kewajiban mendidik anak kepada sekolah, sehingga ketika di rumah para orang tua kurang mengontrol anak mereka. Hal ini tentu saja menjadi penghambat bagi sekolah untuk menerapkan program internalisasi nilai-nilai karakter secara maksimal. (2) Evaluasi Input (Masukan) menunjukkan bahwa, persiapan yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan pelatihan dan pendalaman materi bagi pendidik tentang pendidikan karakter serta cara mengajar yang baik agar para peserta didik tidak merasa bosan saat kegiatan belajar-mengajar di kelas berlangsung. Adapun keadaan peserta didik belum diketahui oleh sekolah karena sekolah tidak melakukan tes saat peserta didik mendaftar di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. (3) Evaluasi Process (Proses) menunjukkan bahwa metode internalisasi nilai-nilai karakter, media yang digunakan dan penilaian internalisasi nilai-nilai karakter sudah baik. Namun sebaiknya fasilitas yang ada di perbaiki dan dilengkapi agar program ini terlaksana dengan maksimal. (4) Evaluasi Product (Hasil) menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul memiliki karakter yang baik. Adapun peserta didik yang berkarakter baik berjumlah 20 orang, peserta didik yang berkarakter sangat baik berjumlah 10 orang, peserta didik yang berkarakter kurang baik berjumlah 14 orang dan peserta didik yang berkarakter kurang baik berjumlah 1 orang. Hal ini menunjukkan bahwa program internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran ISMUBA dapat dikatakan berhasil dan memberikan hasil yang baik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *167 KATA KUNCI: EVALUASI PROGRAM DAN NILAI-NILAI KARAKTER
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:55
Last Modified: 20 Jan 2022 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25913

Actions (login required)

View Item
View Item