PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMENUHAN NUTRISI PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL YOGYAKARTA

ALIYAH (2008) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMENUHAN NUTRISI PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB)

Abstract

Nutrisi merupakan masalah yang sangat penting bagi ibu hamil. Perilaku ibu hamil yang baik dalam mengkonsumsi makanan akan membawa akibat buruk pada ibu dan janinnya. Berdasarkan hasil survei di Puskesmas Kasihan 1 beberapa ibu hamil mengeluh seperti lemas, pusing, cepet lelah yaitu sebanyak 17%, anemia sebanyak 50%, dan yang mengeluh tidak tahu tentang gizi seimbang untuk ibu hamil sebanyak 30%. Pemberian pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi dengan adanya pengetahuan ibu hamil dapat merubah perilaku pemenuhan nutrisinya. Kehamilan merupakan suatu kehidupan baru yaitu periode yang menentukan janin yang akan dilahirkannya. dimana nutrisi merupakan salah satu dari banyak faktor yang ikut proses persalinan. mempengaruhi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan perilaku pemenuhan nutrisi pada ibu hamil di Puskesmas Kasihan I Bantul Yogyakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian adalah ibu hamil yang melakukan antenatal care di Puskesmas Kasihan yang mempuyai inklusi yang telah ditetapkan oleh peneliti dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner catatan food recall selama 1 hari.

Hasil analisa data penelitian ini menggunakan uji t-test, hasil t-hitung- 7.662 dengan p sebesar 0.000. Berdasarkan syarat P<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap perubahan perilaku pemenuhan nutrisi pada ibu hamil.

Adanya pertimbangan hasil penelitian, maka disaran agar pendidikan kesehatan tentang gizi ibu hamil diberikan di tiap-tiap desa untuk meningkatkan dow dan informasi sehingga dapat merubah perilaku ibu hamil kearah activ yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KESEHATAN, PERILAKU, GIZI IBU HAMIL
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:11
Last Modified: 01 Jul 2023 04:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item
View Item