HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ANAK DI RUANG IBNU SINA RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

IKAWATI SETYANINGRUM (2008) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ANAK DI RUANG IBNU SINA RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Komunikasi pada anak rnerupakan bagian yang penting dalam membangun kepercayaan diri kita dengan anak. Melalui komunikasi akan terjalin rasa percaya, rasa kasih sayang, dan selanjutnya anak akan merasa memiliki suatu penghargaan pada dirinya. Perawat yang memiliki ketrampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan klien, mencegah terjadinya masalah Iegal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra rumah sakit, tetapi yang paling penting adalah mengamalkan ilmunya untuk memberikan pertolongan terhadap sesama manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik perawat dengan ketratnpilan komunikasi terapeutik pada anak yang meliputi umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan iama kerja. Penelitian ini terrnasuk non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah semua perawat yang bekerja di bangsal Ibnu Sina RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebanyak 11 orang dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan ternbar observasi dari Ulfi Harnima (2004) yang berisi 30 soal tentang tahapan komunikasi terapeutik. Lembar observasi dibuat berdasarkan pedoman yang digunakan di skill lab PSIK UGM yang disusun oleh Nurjanah (2001). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2008 di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan komunikasi terapeutik perawat berada pada kategori cukup (72,72%) dan diketahui bahwa umur dan pengalaman kerja perawat tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan ketrampilan komunikasi terapeutik pada anak yaitu usia dengan p= 0,918 dan lama kerja sedangkan jenis kelamin dan tingkat pendidikan berhubungan dengan ketrampilan komunikasi terapeutik pada anak dengan signifikansi 0,02. Diharapkan perawat untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi terapeutik pada klien terutama anak-anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK PERAWAT, TERAPEUTIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:06
Last Modified: 01 Jul 2023 04:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26135

Actions (login required)

View Item
View Item