HUBUNGAN PERAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

DHIAN RACHMAWATI (2008) HUBUNGAN PERAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Puskesmas adalah layanan kesehatan pertama di Indonesia yang memiliki tugas sebagai promotif,preventif, kuratif dan rehabilitatif. Puskesmas memiliki enam tugas pokok (Six Basic) yang meliputi kesehatan penyuluhan kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu anak dan KB, upaya perbaikan gizi, upaya pencegahan .pemberantasan penyakit menular, dan pengobatan dasar. Puskesmas adalah layanan kesehatan yang paling murah dan banyak di Indonesia, bahkan setiap kecamatan terdapat Puskesmas. Kepuasaan pasien akan membuat pasien itu menggunakan jasa kembali sehingga Puskesmas akan banyak diminati oleh masyarakat secara baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perawat Puskesmas terhadap kepuasaan pasien. Jenis penelitian adalah deskriptif kolerasional dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling menggunakan random sampel didapatkan 67 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner untuk mengetahui kepuasan pasien dan observasi untuk mengetahui peran perawat, sedangkan analisa data dengan menggunakan uji statistik korelasi Spearmean.

Hasil dari penelitian ini adalah banyak perawat Wates yang tidak melakukan tugas perawat Puskesmas Wates dengan baik yaitu 4 responden 66.7%, 2 responden perawat (33.3%) melakukan perannya dengan baik. Pasien yang menyatakan sangat puas sebesar 28 responden (41.8%), 38 responden (56.7%) menyatakan puas, 1 responden (1.5%) menyatakan tidak puas.Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara peran perawat Puskesmas Wates terhadap kepuasaan pasien dengan nilai signifikan (p=0.541).

Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara peran perawat terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Wates Kulon Progo. Saran ditujukan untuk pihak perawat untuk meningkatkan perannya sebagai perawat Puskesmas untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAWAT, KEPUASAN PASIEN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:13
Last Modified: 01 Jul 2023 04:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26137

Actions (login required)

View Item
View Item