ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KOMPUTERISASI TENAGA KERJA LUAR NEGERI (SISKOTKLN) DI DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2014

ANDRI WIDIYANTO (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KOMPUTERISASI TENAGA KERJA LUAR NEGERI (SISKOTKLN) DI DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2014. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Pemerintah Republik Indonesia mempunyai kebijakan di sektor ketenagakerjaan. Salah satu kebijakan tersebut bertujuan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan pelayanan terhadap Tenaga Kerja Indonesia dengan berbasis teknologi informasi melalui Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN). Dalam bab ini menjelaskan bahwa program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) dilaksanakan dengan tujuan membantu dan memberikan kemudahan kepada instansi terkait dan stakeholder yang terlibat. Salah satu Instansi di daerah yang terkait adalah Dinsosnakertrans di Kabupaten Magetan, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN)di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan tahun 2014? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan?. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder yang berkaitan dengan implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan metode dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini dengan para pejabat di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan.
Implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan pada tahun 2014 dilaksanakan untuk mewujudkan pelayanan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baik, mudah, murah, cepat, aman dan efisien. Adapun dalam bentuk pelayanan terhadap Tenaga Kerja Indonesia diantaranya adalah pendataan calon TKI, pendidikan dan pelatihan kerja TKI, perlindungan dan penempatan TKI serta pelayanan penerbitan kartu identitas bagi TKI. Secara keseluruhan pelayanan terhadap TKI sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat adanya beberapa faktor-faktor yang mendukung implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan, yaitu faktor komunikasi yang sudah baik antar stakeholder, adanya faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten, anggaran dan sumber informasi yang jelas, adanya sarana dan prasana pendukung serta terdapat faktor struktur birokrasi yang jelas.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi program Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Dinsosnakertrans Kabupaten Magetan tahun 2014 sudah terlaksana dengan baik dan dapat memberikan pelayanan terhadap TKI yang baik, mudah, murah, cepat, aman dan efisien. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini agar pemerintah dan instansi terkait lebih meningkatkan koordinasi antar stakeholder yang terlibat dan mengenai sarana dan prasana untuk lebih ditingkatkan serta lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelayanan tersebut agar dapat menciptakan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penyelenggaraan pelayanan publik.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS, KOMPUTERISASI, TENAGA KERJA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:02
Last Modified: 19 Jan 2022 04:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item
View Item