MANGGAZALI (2011) STRATEGI SOCIAL MARKETING PLU SATU HATI DALAM MENGUBAH PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (196kB)
Abstract.pdf
Download (101kB)
Bab I.pdf
Download (693kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (51kB)
Abstract
Pada BAB I dijelaskan bahwa pandangan masyarakat Yogyakarta terhadap keberadaan kelompok LGBT masih sangat negatif. Adanya pandangan negatif tersebut mengakibatkan munculnya stigmatisasi dan diskriminasi, bahkan wujud dari diskriminasi tersebut berujung pada kekerasan verbal maupun. non verbal terhadap kelompok LGBT.PLU—Satu Hati merupakan organisasi di Yogyakarta yang merupakan wadah aspirasi bagi kelompok LGBT. Keberadaan PLU—Satu Hati adalah untuk memperjuangkan dan menyuarakan kepentingan hak-hak dari kelompok LGBT, termasuk usahanya dalam mengubah cara pandang masyarakat yang negatif terhadap kelompok tersebut. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah social marketing. Dalam penelitian ini peneliti akan mendeskripsikan strategi social marketing yang dilakukan PLU—Satu Hati dalam mengubah pandangan masyarakat yang masih negatif terhadap keberadaan kelompok LGBT. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi social marketing PLU—Satu Hati dalam mengubah pandangan masyarakat untuk menerima komunitas LGBT dengan cara advokasi idcntitas. Advokasi identitas merupakan upaya PLU—Satu Hati dalam mengadvokasi, mcnyuarakan, melindungi hak-hak kelompok LGBT, serta mengedukasi masyarakat agar pandangan masyarakat tidak negatif. Advokasi yang dilakukan terdiri dari dua strategi yang Pertama dengan membangun jaringan dengan organisasi HAM, dan lembaga bantuan hukum, serta membangun media relation. Upaya networking tcrsebut akan mempermudah kinerja PLU-Satu Hati dalam melaksanakan kegiatan social marketing. Strategi kedua adalah dengan melakukan kampanye sosial. Kampanye sosial yang dilakukan oleh PLU—Satu Hati terbagi menjadi tiga jenis kegiatan yaitu aksi damai, bakti sosial, dan diskusi publik. Kegiatan ini dipilih sebagai program social marketing PLU-Satu Hati karena kegiatan tersebut dapat langsung berhubungan dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, juga impLikasinya bisa dirasakan langsung oleh masyrakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI, SOCIAL MARKETING, MARKETING |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27518 |