PENGARUH KEEFEKTIFAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN NILAI MCQ

M. PRAKASA WICAKSONO (2016) PENGARUH KEEFEKTIFAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN NILAI MCQ. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang dalam belajar untuk menampilkan kompetensinya. Banyak sumber belajar yang terdapat dilingkungan yang bisa dimanfaatkan mahsiswa dalam memenuhi kebutuhan belajarnya. Sumber belajar yang belum memadai akan sangat berpengaruh dalam pencapaian nilai pada mahasiswa.
Metode: Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan sumber belajar dengan pencapaian hasil belajar mahasiswa PSPD FKIK UMY di ranah kognitif dalam hal ini adalah ujian MCQ (Multiple Choice Question). Desain penelitian ini non-eksperimental dengan rancangan desain analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional karena pengukuran variabel bebas dan variabel terikat dilakukan sekali dalam waktu yang sama. Sampel penelitian adalah 86 mahasiswa pendidikan dokter UMY yang sudah menjadi sampel reperesentatif dan telah menjalani ujian MCQ blok 7,12,18, dan 24. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner sumber belajar.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji chi-square, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara sumber belajar terhadap pencapaian nilai MCQ dimana nilai p=0,677 (sig. p > 0,05). Hal itu mungkin disebabkan karena penggunaan sumber belajar yang dominan di satu aspek, namun mungkin berpengaruh bila dianalisis dengan faktor pendamping seperti minat, bakat serta motivasi dan hasil ujian lain di ranah afektif serta psikomotorik.
Kesimpulan: Tidak semua mahasiswa pendidikan dokter UMY sudah memanfaatkan penggunaan berbagai sumber belajar dengan cukup baik. Sumber belajar yang paling dominan dipakai sebagai acuan belajar mahasiswa pendidikan dokter UMY adalah sumber belajar cetak. Untuk mencapai hasil ujian yang maksimal hendaknya menggunakan segala sumber belajar dengan baik bukan hanya terbatas pada satu sumber yang dominan saja. Pencapaian nilai MCQ mahasiswa pendidikan dokter UMY mencapai presentase yang cukup baik. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara sumber belajar terhadap pencapaian nilai MCQ.
Kata kunci: Sumber belajar, Hasil belajar, Multiple choice question

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: SUMBER BELAJAR, HASIL BELAJAR, MULTIPLE CHOICE QUESTION
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2022 02:37
Last Modified: 08 Jan 2022 02:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27794

Actions (login required)

View Item
View Item