AZIZ AKHMAD MUSLIM (2016) PENGARUH TERAPI SEFT (SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN BAGI SISWA SMA DALAM MENGHADAPI UJIAN DI SMA NEGERI 1 KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (100kB)
Halaman Judul.pdf
Download (204kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (235kB)
Abstract.pdf
Download (90kB)
Bab I.pdf
Download (228kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (152kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (117kB)
Abstract
Latar belakang : Kecemasan merupakan sebuah masalah psikologis yang ditunjukan dengan sikap khawatir terhadap suatu hal yang dipersepsikan kurang baik oleh individu. Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) merupakan metode baru dan masih dalam proses eksperimen yang berkelanjutan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah fisik dan emosi. Terapi SEFT dapat diterapkan di berbagai bidang salah satunya dilingkungan sekolah yang dapat diterapkan oleh Guru kepada muridnya yang mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh terapi SEFT terhadap penurunan tingkat kecemasan bagi siswa SMA yang akan menghadapi ujian.
Metode : penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan two group pretest-posttest with control group design di SMA Negeri 1 Kasihan dari bulan Oktober 2015 sampai Februari 2016. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS) dan Skala persepsi pasien tentang kecemasan.
Hasil : prevalensi tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian didapatkan 40 (17,1%) siswa kecemasan ringan, 112 (47,9%) siswa kecemasan sedang, 82 (35%) siswa kecemasan berat. Hasil penelitian ini menggunakan Wilcoxon, didapatkan 34 (48,6%) siswa mengalami penurunan kecemasan pada kelompok intervensi dan 21 (30%) siswa pada kelompok kontrol, Sedangkan 11(15,7%) siswa mengalami peningkatan kecemasan pada kelompok kontrol, dan sebanyak 4 (5,7%) siswa mengalami kecemasan tetap.
Kesimpulan : terdapat pengaruh yang bermakna sebelum dan sesudah dilakukan terapi dengan menggunakan metode SEFT terhadap siswa SMA Negeri 1 Kasihan dimana nilai p=0,00
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECEMASAN, SEFT, SPIRITUAL, EMOTIONAL, FREEDOM TECHNIQUE, SISWA, UJIAN |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:07 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27845 |