AYI ISTIANA (2011) METODE INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (230kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (22kB)
Abstract.pdf
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (920kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (24kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar Al Qur'an Hadits dengan metode Inquiry. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Bantul clengan menggunakan metode inquiry yang diharapkan mampu rneningkatkan makna dalam mengajar sehingga diharapkan peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran Al-Qur'an Hadits mengetahui keuntungan dan kogunaan dalam kehidupannya, sehingga hidupnya kedepan nanti akan semakin terarah. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan cara penyampaian per mated berbeda. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena mclihat kcnyataan dalam dunia pendidikan saat ini rnasih banyak siswa yang bcrsifat pasif clan hanya mendengarkan serta mencatat informasi yang disampaikan oleh gum. Padahal dalam mengajar guru hams bisa membawa siswa ke dalam pembelajaran yang menyenangkan.
Metode Pefigunipulan data yang digtuiftkan dalath penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Dengan instrumen penelitiannya seperti pedoman wawancara dan lembar obscrvasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII PM SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Dan yang menjadi objek penelitian ini adalah proses pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Bantul.
Proses pembelajaran Al-Qur'an Hadits dengan metode inquiry mengalami peningkatan minat belajar yang sangat besar. Hal ini terlihat dari semangat siswa yang makin tinggi dalam belajar. Pada sebelum tindakan, persentase aktifitas siswa 33,68%, dan persentase tersebut meningkat 10,41% setelah diberi tindakan pada siklus I dengan persentase pada siklus I yaitu 44,09%, dad siklus I meningkat 11,23% setelah diberi tindakan siklus II dcngan persentase yaitu 55,32%, sedangkan dari siklus II meningkat 9,61% setelah diberi tindakan siklus III dengan persentase 64,93%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INQUIRY METHOD, INTEREST IN LEARNING AL QURAN HADITH SUBJECTS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 04:07 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 02:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27929 |