PENGGUNAAN MEDIA RADIO KOMUNITAS “SUARA EDUKASI” DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DIMASA PANDEMI COVID-19 UNTUK KELAS IV V DAN VI SD MUHAMMADIYAH PENGGUNG KULONPROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

NURFITRIA HIDAYATI (2022) PENGGUNAAN MEDIA RADIO KOMUNITAS “SUARA EDUKASI” DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DIMASA PANDEMI COVID-19 UNTUK KELAS IV V DAN VI SD MUHAMMADIYAH PENGGUNG KULONPROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media radio komunitas dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab untuk kelas IV, V dan VI SD Muhammadiyah Penggung KulonProgo Yogyakarta, Saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) melalui pembelajaran di sekolah dalam jaringan (daring). Tidak semua daerah terdapat jaringan yang stabil untuk melakukan pembelajaran daring. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan solusi kepada sekolah pembelajaran daring yaitu radio komunitas sebagai media pembelajaran di KulonProgo bagian daerah pegunungan. Dalam menggunakan media pembelajaran radio komunitas ini, tidak semua guru mata pelajaran menggunakan media radio termasuk mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (Mix-Method) dan metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, angket, dokumentasi dan observasi Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data akan dianalisis dengan metode deskriptif dan uji T. Pada hasil penelitian menggunakan kualitatif ini menunjukkan bahwa proses penggunaan media radio komunitas dalam kegiatan belajar mengajar bahasa arab yaitu Pembentukan pengurus radio komunitas “Suara Edukasi”, Pengurus radio komunitas ini diberikan pembekalan kemampuan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengoperasikan alat dan dapat melakukan siaran, Penentuan penyiar sekaligus operator, Penulisan naskah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan materi ajar dari calon penyiar yang akan dibacakan ketika siaran, Radio komunitas “Suara Edukasi” memiliki dua konten yaitu Streaming dan rekaman. Adapun kendalanya Tidak semua penyiar mempunyai kemampuan yang sama dan Jaringan Sinyal dikarenakan terletak didaerah pegunungan. Disimpulkan bahwa media radio komunitas memiliki efektifitas dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab kelas IV, V dan VI SD Muhammadiyah Penggung KulonProgo Yoyakarta dengan nilai uji t dengan ttabel 2,271 berdasarkan tujuan pelaksanaan program termasuk dalam kategori baik dengan presentase Tingkat Capaian Responden 72,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : RADIO KOMUNITAS, EFEKTIFITAS, MOTIVASI BELAJAR ??????? ?????????: ????? ??????? ? ???????? ? ?????? ???????
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:25
Last Modified: 07 Jun 2022 02:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item
View Item