RAFNA NADINI AMALIA (2022) PENGARUH MATA KULIAH AL-QAWAID WA AL-QIRAAH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MAHASISWA PAI UMY TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (601kB)
Bab I.pdf
Download (741kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (748kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (967kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (703kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh adanya mata kuliah Al-Qawaid Wa AlQira’ah sebagai mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PAI UMY tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa serta untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara mata kuliah Al-Qawaid Wa Al-Qira’ah terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa PAI UMY tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian causal effect dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PAI UMY tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 44 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket dan tes. Peneliti mengolah data menggunakan SPSS 25 dengan menguji normalitas data, linearitas data, regresi, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0,066 > 0,05 dan terdapat hubungan yang linear antara variabel bebas dengan variabel terikat ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,087 > 0,05. Pada uji regresi didapatkan nilai sebesar 0,470 yang berarti bahwa mata kuliah Al-Qawaid Wa Al-Qira’ah berpengaruh sebesar 47% terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab dan 63% dalam penguasaan kosakata bahasa Arab dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Selanjutnya uji T yaitu untuk pengujian hipotesis, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan pada nilai koefisien didapatkan nilai sebesar 0,965. Berdasarkan uji T dan nilai koefisien dapat disimpulkan bahwa mata kuliah bahasa Arab mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada mahasiswa PAI UMY tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH, MATA KULIAH AL-QAWAID WA AL-QIRAAH, KOSAKATA BAHASA ARAB |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 May 2022 03:47 |
Last Modified: | 18 May 2022 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29256 |