SAFIRA BRILLIANTY (2022) PENGARUH KEMAMPUAN INSYA' TERHADAP PENGUASAAN MATERI NAHWU DAN SHARAF SISWA MADRASAH ALIYAH MA'HAD ISLAMIC CENTRE BIN BAZ TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penguasaan insya’ terhadap penguasaan materi ilmu nahwu dan sharaf yang telah dipelajari sebelumnya di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis kuantitatif SPSS dengan jenis causal effect. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan cara melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket, dan tes. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan cara teknik simple random sampling (SRS) dengan jumlah 61 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwasannya data pada penelitian ini telah berdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0,279 > 0,005, dan juga bahwasannya data terdapat hubungan yang linier antara variabel bebas dan variabel terikat yang ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,352 > 0,005. Pada uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R square sebesar 0,171 yang berarti pengaruh kemampuan insya’ terhadap penguasaan materi nahwu sharaf hanya sebesar 17,1% saja, hal ini berarti bahwa 82,9% kemampuan insya’ siswa dipengaruhi oleh faktor/variabel lain selain dari penelitian ini. Kemudian diperoleh nilai T hitung dari uji hipotesis yakni sebesar 3,49 > dari T tabel sebesar 1,67, serta diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,005 yang berarti bahwa variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat, bahwasannya terdapat pengaruh yang kecil antara kemampuan insya siswa kelas XI terhadap penguasaan nahwu sharaf kelas karantina MA ICBB tahun ajaran 2021/2022.
Dosen Pembimbing: | ARIF HUMAINI, SS., M.HUM. | NIDN0506098001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH, INSYA', NAHWU, SHARAF |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 May 2022 03:27 |
Last Modified: | 18 May 2022 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |