DURATUL JINAN (2022) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA KECAMATAN AMAHAI KABUPATEN MALUKU TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
Bab I.pdf
Download (648kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (801kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
MEMPELAJARI BAHASA ARAB BAGI KALANGAN NON-ARAB TENTU MEMILIKI KESULITAN TERSENDIRI KETIKA MEMPELAJARINYA. PERMASALAHAN YANG BIASANYA MUNCUL KETIKA NON-ARAB MEMPELAJARI BAHASA ARAB TERBAGI MENJADI DUA BAGIAN, YAKNI PERMASALAHAN LINGGUSITIK DAN NON-LINGGUISTIK. HAL SERUPA JUGA DIALAMI OLEH SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA, AKAN TETAPI PADA PENENELITIAN INI LEBIH MEMFOKUSKAN PADA FAKTOR LINGGUISTIK.
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK : 1). MENGETAHUI BAGAIMANA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DIKELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA KECAMATAN AMAHAI KABUPATEN MALUKU TENGAH. 2). MENGETAHUI BAGAIMANA KESULITAN KEBAHASAAN YANG DIALAMI SISWA DALAM MEMPELAJARI BAHASA ARAB DIKELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA KECAMATAN AMAHAI KABUPATEN MALUKU TENGAH.
JENIS PENELITIAN YANG DIGUNAKAN PADA PENELITIAN INI ADALAH DESKRIPTIF KUALITATIF, TEKNIK PENGGUMPULAN DATA PADA PENELITIAN INI BERUPA, OBSERVASI, WAWANCARA, DAN DOKUMENTASI. SUBJEK PADA PENELITIAN INI MERUPAKAN SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA (SISWA LULUSAN SD). ANALISIS DATA PADA PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE MILES & HUBERMEN YANG TERDIRI DARI, REDUKSI DATA, PENYEJIAN DATA, DAN PENARIKAN SIMPULAN.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA: 1). PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MUHAMMADIYAH SEPA MENGGUNAKAN KURIKULUM KTSP, PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DIKELAS VII BERDASARKAN RPP YANG TELAH DISUSUN OLEH GURU. 2). KESULITAN KEBAHASAAN YANG DIALAMI SISWA DALAM MEMPELAJARI BAHASA ARAB DIKELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA DIANTARANYA, SISWA KESULITAN MEMBEDAKAN BUNYI HURUF HIJAIYAH, KURANGNYA PERBENDAHRAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA, SISWA KESULITAN DALAM MENULIS BAHASA ARAB. ADAPUN BEBERAPA FAKTOR LAINNYA SEPERTI, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA, MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG NAIK TURUN, SARANA PRASARANA SEKOLAH YANG MASIH KURANG, SERTA GURU MATA PELAJARAN BAHASA ARAB YANG BUKAN LULUSAN BAHASA ARAB. BERDASARKAN ANALISIS HASIL OBSERVASI DAN WAWANCARA PENELITI DAPAT MEMBERIKAN SOLUSI KEPADA SEKOLAH UNTUK MENGATASI KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEPA DENGAN MEMBEDAKAN ATAU MEMISAHKAN KELAS ANTARA SISWA LULUSAN SD DENGAN SISWA LULUSAN MI, SEHINGGA GURU DAPAT MEMBERIKAN TRITMEN YANG SESUAI DENGAN KONDISI DAN KEBUTUHAN SISWA.
KATA KUNCI : KESULITAN PEMBELAJARAN, KESULITAN KEBAHASAAN, BAHASA ARAB.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEARNING DIFFICULTIES, LANGUAGE DIFFICULTSIES, LANGUAGE ARABIC. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 04:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 04:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30561 |