Amalia Apriliani (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA ANAK REMAJA DIKAMPUNG GOMBOL PAYA JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab I.pdf
Download (440kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (679kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran snowball throwing meningkatkan berbicara bahasa Arab pada anak remaja di Kampung Gombol Paya Jakarta Barat dan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran snowball throwing meningkatkan berbicara bahasa Arab pada anak remaja di Kampung Gombol Paya Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan <em>pre test-post test only group design</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah anak remaja di Kampung Gombol Paya Jakarta Barat yang berjumlah 15 orang dan 15 orang populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, tes pretest dan posttest, dokumentasi.</p>
<p>Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Uji normalitas data awal pada kelas kontrol diperoleh ??2;<sub>hitung</sub> = 5,737 dan pada kelas eksperimen diperoleh ??2;<sub>hitung</sub> = 10,168. Uji normalitas data akhir pada kelas kontrol diperoleh ??2;<sub>hitung</sub> = 8,923 dan pada kelas eksperimen diperoleh ??2;<sub>hitung</sub> = 10,168. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen awalnya 79,5 menjadi 87, sedangkan rata-rata nilai kelas kontol awalnya 65 menjadi 75,5. Dari penjelasan tersebut menjawab hipotesis bahwa pembelajaran dengan <em>snowball throwing</em> tidak efektif dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Arab dengan materi peralatan di kelas. Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang tidak signifikan (t<sub>hitung</sub> = -6,328).</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 04:28 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 04:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3082 |