ALI INSAN (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR ARAB MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN 2016 SEMESTER DUA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (99kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang dari skripsi ini adalah bahwasannya sebagian besar dari
mahasiswa Pendidikan bahasa Arab angkatan 2016 Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta masih banyak yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab
dikarenakan banyak faktor-faktor seperti banyaknya mahasiswa yang memiliki
latar belakang sekolah umum yang minim mengajarkan bahasa Arab sehingga
kesulitan ini sangat besar mereka rasakan.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-fator kesulitan
belajar bahasa Arab dan untuk mengetahui upaya dosen dalam mengatasi
kesulitan belajar bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab mahasiswa
Pendidikan bahasa Arab angkatan 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Adapun skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualititatif. Subjek dalam
skripsi ini adalah mahasiswa angkatan 2016 kelas A dan B, dengan jumlah 34
mahasiswa dan dosen Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah 2 dosen. Peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data seperti, observasi, kuesioner, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil dari skripsi ini menunjukkan bahwa sebagian besar dari mahasiswa
mengalami kesulitan belajar bahasa Arab diantaranya: (1) kemahiran yang sulit
dipelajari seperti maharah gira'ah, istima' dan kitabah, (2) berbagai faktor, seperti
latar belakang pendidikan, lingkungan dan minat, (3) berbagai kendala yang
dihadapi seperti kurangnya fasilitas untuk belajar bahasa Arab, perbedaan
kemampuan dalam menerima materi pelajaran, kurangnya dorongan dari pengajar,
banyaknya bentuk bacaan (harokat) dalam bahasa Arab, dan waktu luang yang
digunakan untuk belajar bahasa Arab masih kurang karena banyaknya kegiatan
non-akademik yang diikuti mahasiswa.
Solusi yang akan digunakan untuk meminimalisir faktor-faktor kesulitan
belajar bahasa Arab antara lain: (1) penyesuaian rumpun mata kuliah yang sesuai
dengan kompetensi dosen di masing-masing bidang pelajaran, (2) pengembangan
referensi atau buku yang digunakan, (3) mengadakan “Dauroh Shoifiyah”, (4)
mengadakan koordinasi dengan mahasiswa dengan mengadakan kelas tambahan,
dan (5) memperbanyak latihan seperti membaca, menulis, mendengarkan dan
berbicara atau mempraktekkan kosa-kata yang telah dihafal.
Kata kunci: Analisis, faktor-faktor kesulitan belajar, bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 01:29 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 01:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32514 |