FATHURROZAQ MANUHA (2017) ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR HOTEL DAN APARTEMAN (STUDI KASUS : HOTEL DAN APARTEMEN CITYLAND, SEMARANG, JAWA TENGAH). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (279kB)
BAB I.pdf
Download (553kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena
ditinggalkan oleh pengemudinya. Salah satu permasalahan yang dijumpai dalam transportasi
perkotaan adalah masalah perparkiran. Kegagalan dalam mengendalikan perparkiran dapat
mengakibatkan turunya kapasitas jalan, terhambatnya lalu lintas, penggunaan jalan menjadi
tidak efektif dan bahkan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.
Cityland Hotel dan Apartemen Semarang, mempunyai tujuan untuk menyediakan
fasilitas tempat tinggal bagi para pendatang baik untuk kepentingan wisata maupun
kepentingan lain seperti bisnis, kantor dan lain-lain. Dengan demikian Cityland Hotel dan
Apartemen Semarang dituntut untuk menyediakan fasilitas yang memadai demi kelancaran
aktivitas, salah satunya adalah tempat parkir kendaraan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas parkir (akumulasi parkir,
volume parkir, tingkat turnover, indeks parkir, headway), kebutuhan ruang parkir Cityland
Hotel dan Apartemen, evaluasi ketercukupan kebutuhan dan ketersediaan parkir Cityland Hotel
dan Apartemen. Dari hasil analisis menunjukan bahwa akumulasi maksimum parkir mobil dan
motor Hotel @HOM Semarang sebesar 33 SRP terjadi pada pukul 06.00 WIB dan 20 SRP pada
pukul 20.15 — 21.15 WIB. Volume parkir mobil dan motor didapatkan volume parkir sebesar
110 dan 26 pada pukul 2045 — 21.45 WIB. Headway dalam interval 15 menit jumlah
kendaraan mobil yang masuk sangat tinggi terjadi pada pukul 13.45 — 14.15 WIB selang waktu
kedatangan kendaraan adalah 5 dengan headway rata — rata 3,00. Sedangkan jumlah
kendaraan motor terjadi pada pukul 20.15 — 21.15 WIB dengan selang waktu kedatangan
kendaraan sebesar 3 dengan headway rata — rata 5,00. Tingkat turnover mobil sebesar 4
kendaraan/hari/ruang, motor sebesar 2 kendaraan/hari/ruang. Indeks parkir maksimal mobil
dan motor yaitu 103,1246 dan 133,3344. Dari hasil analisis data yang didapat untuk kebutuhan
ruang parkir mobil dan motor Hotel Cityland sebesar 41 SRP dan 25 SRP, kebutuhan ruang
parkir Apartemen Cityland untuk mobil adalah 120 SRP dan motor adalah 74 SRP. Diketahui
dari hitungan tersebut kebutuhan parkir Hotel dan Apartemen untuk mobil adalah 166 SRP dan
motor adalah 99 SRP. Menurut perhitungan dan analisis parkir Hotel dan Apartemen Cityiand
tidak mencukupi, sebaiknya dilakukan perluasan untuk kebutuhan ketersediaan parkir Hotel
dan Apartemen tersebut.
Kata Kunci : Parkir, Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Tingkat Turnover, Indeks
Parkir. Tondow Kohtutihan Puano Danrkir
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 07:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 07:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32659 |