NANANG SURYA KUSUMA (2007) PENGARUH KEWIBAWAAN KEPALA MADRASAH TERHADAP ETOS KERJA GURU (STUDI KORELASI TERHADAP TINGGI RENDAHNYA ETOS KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-GHAZALI KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU). S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (405kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (329kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kepala sekolaha merupakan orang terpenting di sekolah, karena kepala
sekolah adalah orang yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam menjalankan
suatu program yang telah direncanakan. Kepala sekolah yang berhasil adalah yang
memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik serta
mampu melaksanakan peranannya sebagai orang yang diberi tanggung jawab
untuk memimpin sekolah. Kepala sekolah merupakan kunci bagi pengembangan
dan peningkatan suatu sekolah. Indicator dari keberhasilan sekolah adalah
tergantung kepada kepala-kepala sekolah dan juga komponen-komponen yang ada
dalam lingkungan sekolah.
Atas dasar latar belakang pemikiran di atas, maka sangatlah urgen dalam
penelitian untuk menjelaskan tentang sejauh mana pengaruh kewibawaan kepala
sekolah terhadap etos kerja guru. Kewibawaan di sini dimaknai sebagai sikap utuh
(integral) yang dimiliki oleh pribadi kepala sekolah. Sehingga seorang kepala
dapat mengatasi apapun masalah sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi lembaga pendidikan.
Adapun penelitian ini difokuskan pada guru-guru Madrasah Tsanawiyah Al-
Ghazali Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Landasan pemikiran yang memperkuat asumsi penulis untuk mengkaji
soal ini didasari oleh sebuah hipotesis (bersifat teoritis) yang mengklaim bahwa:
semakin tinggi tingkat motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah maka akan
semakin tinggi pula etos kerja guru, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu,
apakah pernyataan di atas dapat dibenarkan melalui penelitian ini berdasarkan
observasi, interview, dan penyebaran data guesioner pada semua guru.
Masalah ini diselesaikan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui
perpaduan data yang didapatkan dari observasi, interview dan penghitungan hasil
data guesioner. Model penelitian ini menggunakan populasi menyeluruh (semua
guru yang ada di MTs Al-Ghazali Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Dari beberapa langkah yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil
bahwa secara statistik menunjukan bahwa kewibawaan Kepala Madrasah
memberi pengaruh kuat dan tinggi yaitu 0,72 terhadap etos kerja guru. Angka ini
menjelaskan bahwa 72”4 etos kerja guru dipengaruhi oleh kewibawaan kepala
madrasah. Semakin tinggi kewibawaan atau sikap perhatian Kepala Madrasah
maka semakin tinggi pula tingkat etos kerja guru, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:24 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33322 |