FIKRI AULIA MADANI (2022) PENGARUH MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP MINAT PROFESI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (670kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab I.pdf
Download (273kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Magang kependidikan menjadi sebuah penerapan dari seluruh materi yang diterima mahasiswa selama mengikuti pembelajaran di bangku kuliah yang pada intinya adalah memberikan wadah kepada calon guru atau pendidik untuk mencoba mengimplementasikan kegiatan pembelajaran di ruang kelas yang sesungguhnya dan dapat meningkatkan minat mahasiswa sebagai calon guru, akan tetapi tidak semua mahasiswa tertarik menjadi seorang guru. Tujuan penelitian yaitu mengetahui proses magang kependidikan, mengetahui pengaruh magang kependidikan terhadap minat profesi guru, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat profesi guru pada mahasiswa Angkatan 2019 yang mengikuti kegiatan magang kependidikan Pendidikan Bahasa Arab Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan (mixed method) dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data regresi sederhana dan analisis kualitatif. Bahwa kegiatan magang kependidikan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pada tahap pra-magang kependidikan dinilai baik, tahap pelaksanaan dan tahap pasca magang kependidikan dinilai sangat baik. Pelaksanaan magang kependidikan pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini berpengaruh terhadap minat profesi guru bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan hasil output uji regresi linear sederhana diketahui bahwa nilai F hitung adalah 19.685 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 , maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipan atau dengan kata lain terdapat pengaruh antara variable magang kependidikan (X) terhadap variable minat menjadi guru (Y). Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap profesi guru bahasa Arab dibagi menjadi 2 yaitu faktor instrinsik : rasa suka, kemauan diri sendiri, latar belakang seseorang, dan pengalaman, faktor ekstrinsik ; terdapat dorongan dari luar, lingkungan sekitar, ruh seorang calon guru, gaji/upah, dan paksaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Internship, Interests, Teacher Profession |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 05:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 05:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35310 |