SARAH AURELIA FIRDAUSHAH QURESHI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DIALOG BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN DAN BERBICARA SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Bab I.pdf
Download (744kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (873kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah 13 orang siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan dialog berbahasa arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara. Dalam penelitian ini siswa diberikan teks dialog, kemudian diperaktikkan berpasang-pasangan dan dilanjutkan dengan siswa mengisi kuisioner dan wawancara siswa mengenai mata pelajaran dan metode tersebut.Penelitian dengan metode kualitatif ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu: pertama, dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan metode dialog untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengar siswa berawal dari guru memberikan teks dialog kemudian guru mencontohkan dan diikuti oleh siswa. dari kegiatan tersebut siswa dilatih untuk cermat dan focus dalam mendengar setiap kata yang diucapkan dan berlatih. Kedua terdapat perbedaan terhadap hasil kuisioner yang telah diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran bahasa arab menggunakan metode dialog. Hasil ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata siswa pada pre test sebesar 67 sedangkan pada hasil rata-rata siswa pada post test sebesar 74. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa arab menggunakan metode dialog terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, dialogue methods, listening and speaking skills, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 02:47 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 02:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36522 |