PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MODEL QUANTUM LEARNING DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 16 KOTA CIREBON

ANI RUSNAENI (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MODEL QUANTUM LEARNING DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 16 KOTA CIREBON. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAM JUDUL.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB. I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB (12).pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB (13).pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN A_merged (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan perbuatan belajar selama waktu yang telah ditentukan bersama. Belajar yang tidak memperoleh dukungan baik dalam individu maupun dari luar individu maka belajar akan mengalami hambatan, tentunya akan mempengaruhi hasil prestasi seseorang. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar antara lain lingkungan keluarga, metode pembelajaran dan sikap siswa. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa lingkungan keluarga, model quantum learning dan sikap siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Bila lingkungan keluarga, model quantum learning dan sikap siswa dilaksanakan dengan baik, maka prestasi belajar siswa akan meningkat, karena prestasi belajar siswa ditentukan oleh faktor internal maupun eksternal, yang salah satunya adalah lingkungan keluarga, model quantum learning dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika, pengaruh model quantum learning terhadap prestasi belajar matematika, pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar matematika dan pengaruh lingkungan keluarga, model quantum learning clan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 16 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah responden 107 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan wawancara. Analisis data digunakan uji statistik analisis regresi dengan menggunakan program SPSS versi 18.0 untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel yang diteliti. Dari hasil analisis diperoleh basil bahwa terdapat Lingkungan keluarga, model quantun learning dan sikap siswa secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 16 Kota Cirebon sebesar 50,43%. Besar pengaruh variabel sikap siswa terhadap prestasi belajar sebesar 27,26%, pengaruh variabel quantum learning sebesar 16,68%, dan pengaruh lingkungan keluarga sebesar 6,46%. Besar pengaruh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini sebesar 49,61%.

Item Type: Thesis (S3)
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:40
Last Modified: 08 Jan 2024 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38872

Actions (login required)

View Item
View Item