SALSABILA BIL FITRIYAH (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE KOSAKATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 1 (KELAS IBNU KHALDUN) TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (988kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab I.pdf
Download (315kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (918kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penguasaan kosa kata menjadi indikator capaian yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Siswa akan lebih mudah memahami materi selanjutnya ketika ia mampu memahami makna penjelasan yang dituturkan dalam bahasa asing. Peneliti mendapati bahwasannya menghafal kosa kata (mufradat) dalam bahasa Arab masih menjadi hal yang cukup sulit diterima oleh kemampuan kognitif siswa sekolah dasar (SD). Pada kesempatan ini peneliti akan mengimplementasikan media "Puzzle Kosa Kata". Peneliti mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 pada siswa kelas 5 (Ibnu Khaldun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengimplementasian media puzzle kosa kata terhadap peningkatan kemampuan menghafal kosa kata (mufradat) bahasa Arab siswa siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 Tahun Ajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui hasil dari kemampuan menghafal kosa kata (mufradat) bahasa Arab setelah dilakukan pengimplementasian media puzzle kosa kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa Implementasi Media Puzzle Kosa Kata dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 (Kelas Ibnu Khaldun) tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dilihat ketika siswa mampu menjawab pertanyaan ketika evaluasi sederhana dilakukan. Selain itu dapat dibuktikan dari hasil nilai ujian tes lisan siswa yang menunjukkan mengalami peningkatan setelah diberikan implementasi media puzzle yaitu dengan hasil nilai keseluruhan berjumlah 2,074 dan rata-rata nilai sebesar 82,56. Sedangkan jika dilihat pada rata-rata nilai ulangan harian siswa sebelum dilakukan implementasi media puzzle yaitu berjumlah 1,695 dengan total rata-rata keseluruhan 67,8.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementation, vocabulary, media puzzle |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39092 |