ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SUPERVISOR LISTENING TERHADAP OCBIP, YANG DIMEDIASI OLEH JOB MOTIVATION, JOB SATISFACTION DAN KOMITMEN AFEKTIF

KHAIRIZA RAMADHANI (2023) ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SUPERVISOR LISTENING TERHADAP OCBIP, YANG DIMEDIASI OLEH JOB MOTIVATION, JOB SATISFACTION DAN KOMITMEN AFEKTIF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai lembaga yang menggunakan prinsip syariah dalam mekanisme operasionalnya, Lembaga Keuangan Syariah (LKS) perlu memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk meningkatkan produktivitas perusahaannya. Salah satu cara meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan meningkatkan sikap karyawan terhadap OCBIP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Perceived Supervisor Listening pada OCBIP pegawai di beberapa LKS. Selain itu, peneliti juga melihat potensi variabel motivasi kerja, kepuasan kerja dan komitmen afektif dalam menghubungkan pengaruh tersebut. Penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang pada BPRS BDW, Bank Madina Syariah dan BMT BIF di Yogyakarta. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Supervisor Listening merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan sikap OCBIP pada pegawai BPRS BDW, Bank Madina Syariah dan BMT BIF. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan peran motivasi dan kepuasan kerja dalam memediasi hubungan antara persepsi mendengarkan supervisor dengan OCBIP. Namun, hasilnya tidak menunjukkan hal yang sama pada komitmen afektif. Berdasarkan hasil penelitian ini, pimpinan BPRS BDW, Bank Madina Syariah dan BMT BIF harus mampu mengembangkan sikap unggul dalam OCBIP untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan pegawai serta membantu meningkatkan produktivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OCBIP, Perceived Supervisor Listening, Job Motivation, Job Satisfaction, Affective Commitment
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 30 Sep 2023 06:33
Last Modified: 30 Sep 2023 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39818

Actions (login required)

View Item
View Item